القيم الاجتماعية في قصة قصيرة "طبلية من السماء" ليوسف إدريس في نظرية Notonegoro - Nilai-nilai sosial dalam cerita pendek “Nampan dari Surga” karya Yusuf Idris menurut teori Notonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabillah, Firsty (2023) القيم الاجتماعية في قصة قصيرة "طبلية من السماء" ليوسف إدريس في نظرية Notonegoro - Nilai-nilai sosial dalam cerita pendek “Nampan dari Surga” karya Yusuf Idris menurut teori Notonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firsty Salsabillah_A91219086 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Nilai-nilai Sosial dalam cerita pendek yang berjudul Nampan dari Surga karya Yusuf Idris, cerpen ini mengisahkan tentang seorang tokoh utama bernama Syaikh Ali yang menjadi bahan olok-olokan warga desa karena keanehan dan kemiskinanya, pada suatu hari dia kelaparan dan mengutuk Tuhan sehingga membuat panik seluruh penduduk desa, ciri khas dari karya-karya Yusuf Idris yakni selalu mengangkat tema-tema dengan isu sosial kemasyarakatan, tentang kemiskinan, pesimisme dan isu-isu realisme, permasalahan yang diangkat oleh Yusuf Idris masih berlaku dimasyarakat hingga saat ini. Fokus penelitian ini adalah mencari dan mendeskripsikan Nilai-nilai sosial dalam cerpen Nampan dari Surga menggunakan Teori Notonegoro, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Sosiologi Sastra.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Peneliti menemukan 31 bentuk kalimat dan ujaran yang mengandung nilai sosial yaitu : nilai kerohanian meliputi nilai moral seperti kepedulian, tolong-menolong, nilai keagamaan seperti sholat, puasa, nilai keindahan seperti kebersihan dan kerapihan pakaian, nilai material seperti makan, dan nilai vital seperti kerjasama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabillah, Firstyfirstysalsabillah27@gmail.comA91219086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Thesis advisorHikmawati, Masnamasna.hikmawati@uinsby.ac.id199104132020122024
Subjects: Bahasa Arab
Sosiologi
Sastra
Keywords: Nilai sosial; Yusuf Idris; Notonegoro
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Firsty Salsabillah
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:24
Last Modified: 20 Mar 2023 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59385

Actions (login required)

View Item View Item