Analisi yuridis terhadap Putusan KPPU NOMOR 27/KPPU-M/2019 tentang laporan Akuisisi Saham dalam tinjauan hukum ekonomi syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Nurita (2023) Analisi yuridis terhadap Putusan KPPU NOMOR 27/KPPU-M/2019 tentang laporan Akuisisi Saham dalam tinjauan hukum ekonomi syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurita Sari_C92219132 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persaingan Usaha antar pelaku usaha dalam pasar yang bersangkutan sedikit banyaknya akan terpengaruh akibat adanya akuisisi. Akuisisi dalam suatu perusahaan biasanya dilakukan sebagai strategi pasar yang apabila disalah gunakan akan mengakibatkan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Persaingan usaha yang menghambat perekonomian akan bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Penelitian ini akan menganalisis Putusan KPPU Nomor 27/KPPU-M/2019, yang di dalamnya terdapat rumusan masalah terkait bagaimana pertimbangan hukum komisi terhadap pandangan yuridis dan juga pandangan hukum ekonomi syariah pada pertimbangan hukum putusan nomor 27/KPPU-M/2019 tentang keterlambatan pemberitahuan pengambilalihan akuisisi saham PT Gita Adhitya Graha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi yang berfokus pada putusan terkait. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terlapor terbukti bersalah melanggar ketentuan pasal 29 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 dan dikenakan sanksi administratif sebesar Rp.1.025.000.000,00 yang harus di setorkan ke Kas negara. Dalam pandangan hukum ekonomi syariah yang ditinjau menggunakan teori iḥtikār, pada putusan yang telah diputuskan KPPU tidak ada pernyataan yang menyebutkan telah terjadinya iḥtikār dalam kasus tersebut, akan tetapi hanya sebatas pelanggaran administratif pencegahan agar tidak terjadi praktik iḥtikār. Adapun saran dari penulis yaitu membuat ketentuan untuk mewajibkan pelaku usaha agar melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan penggabungan, penggabungan, dan pengambilalihan saham agar tidak timbul kesalaha informasi, pemerintah atau pihak terkait melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha agar tidak terjadi monopoli di luar dugaan, serta lebih memperjelas maksud-maksud dari ketentauan peraturan persaingan usaha agar tidak terjadi kesalahan penafsiran bagi kaum awam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Nuritanuritsari10@gmail.comC92219132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Faizurfaza.veiro@gmail.com2026118901
Subjects: Pengambilan Keputusan
Perusahaan Perdagangan
Keywords: Akuisisi; KPPU; hukum persainag usaha; iḥtikār
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurita Sari
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:24
Last Modified: 13 Mar 2023 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59505

Actions (login required)

View Item View Item