Cyber media dalam mengkonstruksi pesan dakwah pendakwah Nahdlatul Ulama di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syah, M Fakhrul Irfan (2022) Cyber media dalam mengkonstruksi pesan dakwah pendakwah Nahdlatul Ulama di Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Fakhrul Irfan Syah_F02719237 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan substansi dua persoalan di atas, penelitian ini menggunakan panduan penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruktivisme. Perspektif teoretis yang digunakan adalah konsep dakwah serta teori konsturksi sosial media massa milik Burhan Bungin yang dikembangkan dari teori konstruksi sosial milik Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa NU Online memiliki empat peran penting dalam penyebaran pesan dakwah. Pertama, sebagai penggunaaan ideologis dengan mempromosikan paham Ahlu Sunnah wal Jamaah. Kedua, penggunaan polemis dengan meluruskan tuduhan yang salah. Ketiga, penggunaan kontekstual dengan merespon isu kontemporer. Keempat, sebagai sarana informasi organisasi. Proses konstruksi pesan dakwah pendakwah NU di Jawa Timur dalam ruang publik virtual menunjukkan peran cyber media ini untuk melakukan interaksi dengan khalayak, terutama kelompok nahdliyin. Di dalam proses pengolahan isu sebelum tulisan pesan dakwah terpublish, NU Online melakukan pemilahan terkait segala topik dan isu yang sesuai untuk menjawab segala permasalahan khalayak. Selain kitab-kitab, NU Online juga menjadi salah satu referensi bagi pendakwah untuk menuliskan gagasan terkait pesan dakwah yang dibutuhkan oleh khalayak. Penelitian ini membuktikan perlunya pengembangan lebih lanjut terkait teori konstruksi sosial media massa, di mana sampai saat ini sebenarnya teori tersebut masih relevan, hanya bersifat terlalu umum, sehingga tidak cukup tajam untuk digunakan pada media konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syah, M Fakhrul Irfanfahirfansyah@gmail.comF02719237
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh. Aliali.aziz@uinsby.ac.id2009065701
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Komunikasi Islam
Media Sosial
Nahdlatul Ulama
Keywords: NU Online; Pesan Dakwah; Konstruksi; Cyber media
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syah M. Fakhrul Irfan
Date Deposited: 26 Nov 2023 00:44
Last Modified: 26 Nov 2023 00:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59525

Actions (login required)

View Item View Item