Sejarah dan Perkembangan Masjid Nurul Fattah Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Surabaya Tahun 1998-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Maratul (2023) Sejarah dan Perkembangan Masjid Nurul Fattah Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Surabaya Tahun 1998-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maratul Khoiriyah_A02218023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah melalui beberapa tahapan yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan historis dan pendekatan sosiologi. Teori yang yang penulis gunakan ada dua yaitu: pertama, teori Continuity And Change oleh John Obert Voll (Kesinambungan dan Perubahan). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Masjid Nurul Fattah Surabaya berdiri pada Tahun 1960, Masjid ini dulunya adalah Mushola” Angkrik” Masjid ini terletak diwilayah Jl Demak No.319 Kota Surabaya. Wilayah tersebut merupakan daerah basis PKI dan lokalisasi terbesar se-Asia Tenggara. Pembangunan Masjid ini diinisiasi oleh tokoh dari Kalimantan diantaranya; H. Zakariah Raif dan Khoiron Syuaib Penentuan lokasi Masjid dipilih dikarenakan agar dapat memberantas lokalisasi dan kemungkaran. (2) Perkembangan Masjid Nurul Fattah Surabaya dari tahun 1998-2022. Perkembanganya meliputi, kegiatan sosial, keagamaan, pendidikan dan dakwah dari tahap ke-1 sampai 4 terdapat peningkatan (3) adapun faktor kemajuan perkembangan Masjid Nurul Fattah disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya seperti SDM pengurus, financial, kondisi masjid, fasilitas Masjid, dukungan umat sekitar. Sedangkan faktor penghambat perkembangan Masjid Nurul Fattah Surabaya disebabkan beberapa hal yaitu kurangnya dukungan dari masyarakat, Islam abangan, dan program tidak berjalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Maratulmaratulkhoiriyah0329@gmail.comA02218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, Achmadzuhdidh@gmail.com2011106101
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Masjid
Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Sejarah; Perkembangan; Masjid Nurul Fattah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Maratul Khoiriyah
Date Deposited: 26 Nov 2023 08:43
Last Modified: 26 Nov 2023 08:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59592

Actions (login required)

View Item View Item