Religiusitas dalam film Ajari Aku Islam karya Deni Pusung: kajian semiotika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wasi', Abd. (2023) Religiusitas dalam film Ajari Aku Islam karya Deni Pusung: kajian semiotika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Wasi_A74219022 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penlitian ini adalah untuk mengetahui level realitas, level representasi dan level ideologi yang mengandung nilai-nilai religiusitas dalam film berjudul Ajari Aku Islam karya Deni Pusung. Salah satu film religi bertema percintaan seorang laki-laki dan perempuan yang berbeda agama. Adapun rumusan masalah dalam pnelitian adalah bagaimana bentuk level realitas, level representasi dan level ideologi dalam film. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah film berjudul Ajari Aku Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika John Fiske tentang The Codes Of Television (Kode Televisi). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti menonton langsung film Ajari Aku Islam dengan berulang-ulang. Mencatat data yang berhubungan dengan penelitian dan mengelompokkan data-data hasil penelitian. Hasil dalam penelitian ditemukan adanya kode televisi yang berhubungan dengan nilai-nilai religiusitas, yaitu terdapat tiga kode diantaranya pertama level realitas terdiri dari penampilan, kostum dan tata rias. Kedua level representasi yang terdiri dari karakter, konflik, dialog dan lingkungan. Ketiga level ideologi yang terdiri dari kelas, individualisme dan patriarki. Dari data-data tersebut ditemukan adanya nilai-nilai religiusitas terhadap agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wasi', Abd.abdwasij@gmail.comA74219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, NurUNSPECIFIED196406201991031002
Thesis advisorIndriyani, Jiphie GiliaUNSPECIFIED198801162019032007
Subjects: Pendidikan Islam
Film
Linguistik
Keywords: Ajari Aku Islam; semiotika; relegiusitas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Abd. Wasi'
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:09
Last Modified: 06 Mar 2023 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59653

Actions (login required)

View Item View Item