Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto: studi sejarah arsitektur dan fungsi sosial masjid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rafidah, Siti Nur (2023) Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto: studi sejarah arsitektur dan fungsi sosial masjid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Rafidah_A72218078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berbagai tulisan tentang masjid sudah banyak dilakukan. Akan tetapi,penelitian mengenai “Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto: Studi Sejarah Arsitektur dan Fungsi Sosial Masjid” merupakan penelitian yang bersifat baru dan belum pernah ada yang membahas mengenai arsitektur masjid ini. Fokus penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana sejarah berdirinya Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto ?, 2). Bagaimana bentuk Arsitektur Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto ?, 3). Bagaimana fungsi sosial Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto ?. Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan sejarah. Dengan menggunakan pendekatan sejarah, penulis bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah berdirinya Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto. Sedangkan teori yang digunakan oleh penulis yaitu teori continuity and change. Selain itu, penulis juga menggunakan teori fungsional. Teori tersebut digunakan untuk memaparkan fungsi sosial masjid dalam kehidupan masyarakat sekitar Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Masjid Agung Al-Fattah terletak di Desa Kauman Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto yang didirikan pada tahun 1877 oleh Raden Adipati Arya Kromojoyo Adinegoro atau yang dikenal dengan nama Raden Aersadan. Pada awal berdirinya Masjid ini diberi nama Masjid Jami’ Al-Fattah Kota Mojokerto. Namun pada tahun 1986, Masjid Jami’ Al-Fattah Kota Mojokerto berganti nama menjadi Masjid Agung Al-Fattah Kota Mojokerto sampai sekarang. 2). Bentuk arsitektur bangunan Masjid Agung Al- Fattah Kota Mojokerto mengadopsi unsur budaya tradisional (Jawa) dan budaya Timur Tengah serta memiliki makna yang menyertai keindahan bangunan masjid. 3). Dalam sejarahnya, Masjid Agung Al-Fattah mempunyai fungsi sosial bagi kehidupan masyarakat sebagai upaya untuk memakmurkan masjid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rafidah, Siti Nurfidarafida243@gmail.comA72218078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Arsitektur
Masjid
Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Masjid; sejarah; arsitektur; fungsi sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Siti Nur Rafidah
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:02
Last Modified: 23 Feb 2023 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59691

Actions (login required)

View Item View Item