فعّالية تطبيق طريقة الحميديّة لترقية مهارة الكتابة الإعتيادية لأعضاء اتحاد القراء للطلبة بجامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septriana, Rohmah (2023) فعّالية تطبيق طريقة الحميديّة لترقية مهارة الكتابة الإعتيادية لأعضاء اتحاد القراء للطلبة بجامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmah Septriana _D72218040 OK.pdf

Download (702kB)
[img] Text
Rohmah Septriana _D72218040 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Metode Hamidiyah adalah salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran khat. Masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah peneliti berkeingan untuk meneliti efektivitas penerapan metode Hamidiyah di IQMA (Ikatan Qori’ Qiri’ah Mahasiswa) UIN Sunan Ampel Surabaya. Peneliti menemukan tulisan anggota baru yang masih kurang baik, belum sesuai kaidah dan kurang enak dibaca. Sehingga keterampilan menulis anggota masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan menulis anggota IQMA bidang kaligrafi dengan menggunakan bolpoin biasa, mengetahui penerapan metode Hamidiyah dalam meningkatkan ketermpilan menulis biasa anggota IQMA dan mengetahui efektivitas penerapan metode Hamidiyah dalam meningkatkan keterampilan menulis biasa anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya.Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan beberapa instrumen pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Metode analisis data kuantitatif yang digunakan yaitu menggunakan rumus t-test dengan sampel keseluruhan peserta didik anggota IQMA (Ikatan Qori’ Qori’ah) bidang keligrafidengan jumlah 18 peserta didik.Adapun hasil t-hitung adalah t0 (17,89) dan tt(2,566 dan 1,739). Karena t hitung lebih besar t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hamidiyah efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis biasa anggota IQMA UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septriana, Rohmahrohmahseptriana24@gmail.comD72218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Efektivitas; Metode Hamidiyah; Keterampilan Menulis Biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rohmah Septriana
Date Deposited: 20 Dec 2023 14:26
Last Modified: 20 Dec 2023 14:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59765

Actions (login required)

View Item View Item