Isu gender dalam film Yuni karya Kamila Andini: kajian semiotika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alvi, Umi Ainina Khusnia (2023) Isu gender dalam film Yuni karya Kamila Andini: kajian semiotika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Ainina Khusnia Alvi_A74219037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis isu gender pada tokoh utama dengan menggunakan teori semiotika dalam film Yuni Karya Kamila Andini. Lebih lanjut, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisa isu gender yang menjadi fokus utama dalam menganalisis makna denotasi, konotasi dan mitos pada film. Rumusan masalah yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah bagaimana isu gender dan maknanya dalam film. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori seomitika. Teori yang digunakan adalah teorinya Roland Barthes tentang denotasi, konotasi dan mitos. Pendekatan yang digunakan dalam teori ini adalah untuk mengungkapkan gender dalam makna denotasi, konotasi dan mitos pada film agar dapat dipahami dengan baik. Peneliti menemukan kutipan dan narasi dalam film tersebut yang cocok berdasarkan karakteristik teori. Hasil penelitian ini menunjukkan isu gender dan maknanya dalam film Yuni karya Kamila Andini. Pertama kali diawali dengan usaha Yuni untuk menolak lamaran yang datang padanya. Yuni merupakan wanita yang memiliki tekad besar untuk mencapai cita-citanya, namun dihadapkan pada masalah lamaran dan tidak ingin menikah. Yuni dibayangi oleh pemikiran patriarki tentang pamali dalam menolak rejeki yang sama halnya dengan menolak calon jodoh yang datang melamar. Yuni kembali menjadi perempuan kuat yang mampu mengambil keputusan untuk masa depannya dan menolak beberapa lamaran yang datang kepadanya meski dia harus rela untuk kehilangan keperawanannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alvi, Umi Ainina Khusniaaininaalvi@gmail.comA74219037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Thesis advisorIndriyani, Jiphie Giliajiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Subjects: Bahasa Indonesia
Gender
Film
Keywords: Gender; semiotika; film; film Yuni
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Umi Ainina Khusnia Alvi
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:45
Last Modified: 07 Mar 2023 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59924

Actions (login required)

View Item View Item