Illocutionary act used by Lilo and Nani in the movie Lilo & Stitch

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Muhammad Rizky (2023) Illocutionary act used by Lilo and Nani in the movie Lilo & Stitch. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizky Fathoni_A03216027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang Tindak ilokusi yang di aplikasikan oleh karakter Bernama Lilo dan Nani dalam film Lilo & Stitch (2002). Dan berfokus pada Tindak ilokusi dan kondisi felisitas untuk pengaplikasian Tindak ilokusi. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu (1) apa tipe tindak ilokusi yang digunakan oleh Lilo dan Nani?. (2) apa fungsi dari tindak ilokusi yang digunakan oleh Lilo dan Nani di sepanjang film Lilo & Stitch. Peneliti mengkategorikan tipe ilokusi yang digunakan sebelum menentukan bagaimana objek menggunakan tindak ilokusi. John Searle (1967) yang mengembangkan teory tindak tutur dari Austin dan membagi tipe tindak ilokusi menjadi 5 macam, yaitu representative, memberi perintah, memberi imbalan, ekspressif, dan deklarasi.dengan menggunakan cara descriptive kualitatif, peneliti dapat menunjukan kegunaan tindak ilokusi yang digunakan oleh Lilo dan Nani dan bagaimana mereka menggunakan tindak ilokusi di dalam film. Pertama adalah identifikasi, klasifikasi, dan analisis data. Kemudian, peneliti lalu menentukan bagaimana kedua objek menggunakan tindak ilokusi. Penelitian ini mengungkap bahwa Lilo dan Nani memiliki perbedaan dalam tindak ilokusi yang sering mereka gunakan. Bila Nino cenderung menggunakan tindak representatif dan tindak memberi perintah. Sebaliknya Nani yang memiliki kemampuan komunikasi yang lebih tinggi dan lebih dewasa secara usia menggunakan lebih banyak tipe tindak ilokusi daripada Lilo. Penelitian ini juga mengungkap bahwa tindak ilokusi yang digunakan oleh Nani lebih banyak daripada Lilo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, Muhammad Rizkyfathoni640@gmail.comA03216027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSwasono, Endratno Pilihendratno007@uinsby.ac.id2007067102
Subjects: Bahasa Inggris
Komunikasi
Film
Linguistik
Keywords: Pragmatik; tindak tutur; lokusi; ilokusi; perlokusi; kondisi felisitas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Muhammad rizky Fathoni
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:05
Last Modified: 06 Dec 2023 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59934

Actions (login required)

View Item View Item