المحسنات اللفظية والمحسنات المعنوية في التائية المفتوحة في ديوان الإمام الحداد

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maheri, Muhammad Ihsanudin (2023) المحسنات اللفظية والمحسنات المعنوية في التائية المفتوحة في ديوان الإمام الحداد. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ihsanudin Maheri_A91217124.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keindahan lafadz dan keindahan makna merupakan kajian ilmu balaghah badi’, yang memiliki peran penting untuk membuat suatu tulisan menjadi lebih indah dari segi lafadznya maupun maknanya. Adapun objek penelitian ini adalah Diwan Imam Al-Haddad kitab yang berisi kumpulan syi’ir maupun qosidah yang ditulis oleh imam Abdullah al-haddad. Penelitian ini bertujuan untuk menyingkap keindahan lafadz dan keindahan makna yang terdapat dalam Diwan Imam Al-Haddad khusus dalam Bab ta’ maftuhah. Adapun metode yang digunakan oleh untuk mecapai tujuan tersebut adalah metode Kualitatif-Deskriptif, yakni prosedur pemecahan masalah yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data serta menganalisisnya. Sumber data penelitian ini Diwan Imam Al-haddad serta data yang diperlukan yakni bentuk kalimat yang mengandung keindahan lafaz dan keindahan makna yang terdapat dalam Diwan Imam Al-Haddad khusus dalam Bab ta’ maftuhah. Adapun tahap penelitiannya adalah membaca dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan keindahan lafadz dan keindahan makna, kemudian mengumpulkan data berdasarkan referensi yang berhubungan dengan teori yang sudah ditentukan, serta peneliti mendeskripsikan hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat muhassinat lafdziyah dan muassinat ma’nawiyah didalam Diwan Al-Haddad khusus dalam Bab ta’ Maftuhah. Peneliti mendapatkan hasil data yang berupa 17 data dari Keindahan lafaz yaitu 9 dari jinas, 8 dari Saja’. Dan menemukan 7 data dari Keindahan makna yaitu 6 dari tauriyah dan 1 dari Tibaq.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maheri, Muhammad Ihsanudinmihsanudinm@gmail.comA91217124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com2014038501
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Muhassinat lafdziyyah; muhassinat maknawiyyah; diwan al-Haddad
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: muhammad ihsanudin maheri
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:57
Last Modified: 28 Feb 2023 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59936

Actions (login required)

View Item View Item