Kecemasan ibu dalam film Paranoia karya Riri Riza: kajian psikologi sastra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ajizah, Istanti (2023) Kecemasan ibu dalam film Paranoia karya Riri Riza: kajian psikologi sastra. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istanti Ajizah_A74219026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini akan berfokus pada kecemasan Ibu dalam film Paranoia karya Riri Riza yang akan dianalisi menggunakan teori psikologi sastra Sigmund Freud. Film Paranoia mengisahkan kehidupan Dina yang mengalami kecemasan karena trauma masalalunya karena mengalami tindakan KDRT. Adanya sebuah tujuan dari penelitian ini yaitu ingin menjelaskan kondisi kecemasan yang dialami oleh tokoh Ibu melalui film Paranoia dan pemicunya. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu metode kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dialog interaksi antara tokoh Ibu (Dina) dan suami (Gion) serta potongan scene dalam film Paranoia yang berkaitan dengan psikologi sastra Sigmund Freud. Peneliti mengumpulkan data penelitian menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi sehingga dapat memperkuat analisis data penelitian. Hasil dari penelitian memaparkan kondisi kecemasan yang dialami oleh Dina sebagai seorang Ibu yaitu kecemasan objektif atau realitas, kecemasan neurotik, dan kecemasan moral. Kecemasan yang dimiliki oleh Dina tentunya berasal dari sebuah ketakutan, kegelisahan, kepanikan, dan rasa tidak nyaman karena merasa adanya ancaman dan bahaya yang datang seperti halnya mendapatkan tindakan KDRT dari Gion. Selain itu kecemasan juga datang dari keinginan Dina yang tidak dapat terealisasikan. Penokohan Gion menjadi pemicu utama kecemasan Dina seperti halnya perilaku kasar yang dapat menimbulkan rasa trauma berkepanjangan, sifat posesif, dan sikap intimidasi membuat Dina merasa tertekan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ajizah, Istantiistantiajizah29@gmail.comA74219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Thesis advisorIndriyani, Jiphie Giliajiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Subjects: Kekerasan
Kepribadian
Film
Keywords: Kecemasan; psikologi sastra; film; paranoia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Istanti Ajizah
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:58
Last Modified: 23 Feb 2023 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59973

Actions (login required)

View Item View Item