Strategi pengembangan prestasi belajar siswa melalui program imersi di SMAN 3 Kota Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikah, Vira (2023) Strategi pengembangan prestasi belajar siswa melalui program imersi di SMAN 3 Kota Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vira Sholikah_D93217081.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan program imersi di SMA Negeri 3 Kota Blitar, selain itu untuk mengetahui dan menjelaskan strategi pengembangan prestasi belajar siswa melalui program imersi di SMA Negeri 3 Kota Blitar dan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan prestasi belajar siswa melalui program imersi di SMA Negeri 3 Kota Blitar. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dimulai dari tahapan program imersi di SMA Negeri 3 Kota Blitar sebagai berikut Pre Production pada tahap ini berlangsung selama enam sampai sepuluh bulan, pada periode ini siswa mungkin memiliki sekitar 500 kata reseptif dalam pikiran mereka, Early Production pada tahap ini siswa dapat menguasai 1000 kata reseptif dan aktif, Speech Emergence pada tahap ini siswa akan memiliki sekitar 3000 kata aktif, Intermediate Fluench pada tahap ini siswa memiliki 6000 kata dalam kosakata aktif, Advanced Fluence atau Continued Language Development yaitu dimana siswa mengharuskan mengetahui sebagian besar kosakata area konten. Strategi Pengembangan Prestasi Belajar Siswa Melalui Program Imersi di SMA Negeri 3 Kota Blitar yang hendak dilaksanakan ialah dengan meningkatkan gerakan literasi sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa serta memiliki motivasi belajar lebih. Selain itu komunikasi dalam dua bahasa sedang proses pengaplikasian. Selama berada di lingkungan sekolah siswa diperkenankan menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa siswa agar terus terasah dan terlatih dalam berbicara Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Perencanaan yang ketiga ialah kemasyarakatan sosial berupa pengabdian masyarakat. Hal ini merupakan kegiatan lama yang akan di aktifkan kembali berdasarkan keputusan dan perizinan dari pemerintah. Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Pengembangan Prestasi Belajar Siswa Melalui Program Imersi di SMA Negeri 3 Kota Blitar ialah faktor pendukungnya dari segi fasilitas yang diberikan sekolah. Selain itu dukungan dari stakeholder atau para pengajar program imersi juga bagian dari faktor pendukung. Terkhusus bagi wali murid dalam memberikan izin anaknya untuk ikut serta program imersi. Faktor penghambatnya ialah kemampuan bahasa siswa masih belum terlatih dengan baik. Sehingga masih sulit dalam memberikan arahan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu adanya kebijakan pemerintah yang ikut campur dalam pemberian keputusan pada program imersi. Sehingga kreativitas dan inovasi para steakholder tidak dapat berkembang. Hal ini berdampak pada siswa, apalagi terakhir kebijakan yang diambil ialah dengan meniadakan pengabdian masyarakat akibat pandemi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikah, ViraVirasholikah22@gmail.comD93217081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Belajar
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi pengembangan; prestasi belajar siswa; program iImersi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Vira Sholikah
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:57
Last Modified: 27 Feb 2023 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/59979

Actions (login required)

View Item View Item