Manajemen pendistribusian dana zakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kurang mampu di Kelurahan Brondong Kabupaten Lamongan: studi kasus pada kantor layanan LAZISMU Baitul Maal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sirojudin, Sirojudin (2022) Manajemen pendistribusian dana zakat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kurang mampu di Kelurahan Brondong Kabupaten Lamongan: studi kasus pada kantor layanan LAZISMU Baitul Maal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sirojudin_G75218033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mengenai pendistribusian zakat di kantor layanan LAZISMU Baitul Maal dan dampak distribusi zakat terhadap ekonomi masyarakat kurang mampu di Kelurahan Brondong kabupaten Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menjelaskan dengan cara sistematis, terstruktur dan terencana dengan jelas dari awal hingga akhir penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Sumber primer diperoleh dari hasil wawancara sedangkan sumber sekunder diperoleh dari informasi yang terdapat pada website resmi lembaga seperti Visi dan Misi lembaga, struktur organisasi, dan program kerja lembaga. Data tersebut kemudian dianlisis menggunakan teknik analisis data deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan kondisi perekonomian masyarakat dan distribusi zakat di Kantor Layanan LAZISMU Baitul Maal.Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi dua. Pertama, manajemen pendistribusian yang dilakukan oleh Kantor Layanan LAZISMU Baitul Maal dari pendapatan dana yang kemudian diproses untuk disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerima bantuan melewati beberapa program dari Kantor Layanan LAZISMU Baitul Maal. Kedua, dampak dari manajemen pendistribusian zakat yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat kurang mampu. Selain itu, lembaga juga dapat mecapai tujuan utama dalam pendistribusian zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sirojudin, Sirojudinsirojudin2k00@gmail.comG75218033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDikuraisyin, Basarbasardikuraisyin@gmail.com2129118801
Subjects: Budaya Islam
Manajemen
Pembangunan
Bisnis
Keywords: Manajemen; Distribusi; Zakat; Peningkatan Ekonomi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Sirojudin Sirojudin
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:38
Last Modified: 29 Nov 2023 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60002

Actions (login required)

View Item View Item