Pesantren Sebagai Basis Implementasi Pendidikan Karakter : Studi Kasus di Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan -Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prabawati, Sulistia (2016) Pesantren Sebagai Basis Implementasi Pendidikan Karakter : Studi Kasus di Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan -Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dunia pendidikan saat ini diguncang dengan menurunnya karakter generasi mudah bangsa. Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan non formal yang tertua di Indonesia, juga menjadi sasaran penelitian, benarkah pesantren mampu menjadi basis implementasi pendidikan karakter, bagi anak bangsa. Mampukah pesantren menjadi lembaga pendidikan yang bisa menanamkan karakter bagi peserta didik dalam hal ini santri, karena pembelajaran di pesantren terjadi dalam 24 jam, hanya dipotong oleh waktu istirahat santri.
Penelitian ini berlokasi di Pesantren Miftahul Ulum Bettet, Pamekasan, Madura. Karena di pesantren tersebut termasuk salah satu pesantren di Madura yang mengajarkan pendidikan karakter, proses interaksi dan pembelajaarannya juga patut disoroti, karena ada sisi terkait pendidikan karakter. Di pesantren tersebut bukan hanya dari suku Madura yang menempuh pendidikan disana,, tetapi juga dari beberapa suku lain, ini yang menjadi sorotan untuk implementasi pendidikan karakternya, serta kemampuan pesantren untuk membuktikan eksistensinya sebagai lembaga yang mampu mengajarkan serta mengimplementasikan pendidikan karakter.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan suatu paradigma penelitian untuk mendeskripsikan peristiwa, perilaku orang atau suatu keadaan pada tempat tertentu secara rinci dan mendalam dalam bentuk narasi. Ada beberapa tujuan yang bisa dirumuskan dari penelitian ini, diantaraanya;1. Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan Madura; 2. Untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang ditanamkan dari interaksi dan pembelajaran di pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan Madura; 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terkait pesantren sebagai basis implementasi pendidikan karakter di pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan Madura.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prabawati, SulistiaUNSPECIFIEDD71212158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutiyonoUNSPECIFIED195108151981031005
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Pendidikan Karakter ; Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sulistia prabawati
Date Deposited: 16 Mar 2016 01:43
Last Modified: 18 Dec 2019 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item