Konsep Tasawuf Perspektif Syeikh Muhyiddin Abi Zakariya Yahya Bin Syaraf An-Nawawi: studi tentang interpretasi hadis sufistik dalam Kitab Al-Arba’in An-Nawawiyyah.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprayitno, Muhammad Aji (2023) Konsep Tasawuf Perspektif Syeikh Muhyiddin Abi Zakariya Yahya Bin Syaraf An-Nawawi: studi tentang interpretasi hadis sufistik dalam Kitab Al-Arba’in An-Nawawiyyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Aji Suprayitno_E07219020 OK.pdf

Download (832kB)
[img] Text
Muhammad Aji Suprayitno_E07219020 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang tasawuf perspektif ulama besar sufi, yakni Imam Nawawi. Hal tersebut terbukti dengan kehidupan beliau yang memilih untuk tidak menikah dan fokus terhadap keilmuan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT (taqarruban ilallah). Kemudian, Imam Nawawi juga merumuskan metode-metode dalam bertasawuf yang sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh Rasulullah saw. dalam hadisnya. Oleh karena itu, seyogyanya bagi sosok salik bisa melakukan proses spiritual dengan menggunakan tuntunan dari Rasulullah saw. melalui hadisnya. Dalam mengambil rujukan hadis untuk melakukan proses penyucian jiwa, maka sepatutnya sosok sufi haruslah mengambil dari hadis yang mengandung nilai ketasawufan. Hadis yang mengandung nilai ketasawufan dinamakan dengan hadis sufi. Diantara kitab-kitab yang memuat hadis tasawuf atau hadis sufi salah satunya adalah kitab al-Arba’in an-Nawawiyyah. Oleh sebab itu, penulis ingin mengungkap: 1). Bagaimana biografi Imam Nawawi atau Syeikh Muhyiddin Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi. 2). Konsep tasawuf menurut Imam Nawawi pada Kitab al-Arba’in an-Nawawiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian library research (kepustakaan) dengan data primer berupa kitab ¬al-Arba’in an-Nawawiyyah dan data sekunder berupa kitab, buku, dan beberapa karya ilmiah tasawuf lainnya. Jadi, jenis data yang digunakan adalah data literatur kepustakaan dengan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Imam Nawawi merupakan sosok sufi yang memegang teguh ajaran dari Rasulullah saw. melalui al-Qur’an dan Hadis. 2). Nilai-nilai tasawuf yang ada pada kitab ¬al-Arba’in an-Nawawiyyah antara lain, yakni: memiliki niat yang tulus, wara’ terhadap apapun, zuhud akan keduniawiaan, selalu berdzikir, berihsan, bersabar dalam kondisi apapun, serta istiqamah dalam proses taqarruban ilallah atau mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprayitno, Muhammad Ajiaji.muhammadsaw@gmail.comE07219020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Tasawuf
Hadis
Ulama
Keywords: Konsep Tasawuf; Imam Nawawi; Hadis Sufi; dan Kitab al-Arba’in an-Nawawiyyah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Aji Suprayitno
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:09
Last Modified: 12 Dec 2023 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60027

Actions (login required)

View Item View Item