Internalisasi nilia-nilai moderasi Islam di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anah, Rohmatul Hidayah Nisti' (2023) Internalisasi nilia-nilai moderasi Islam di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Hidayah Nisti' Anah_E92218091 OK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Rohmatul Hidayah Nisti' Anah_E92218091 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran yang sangat penting, apalagi dikaitkan dengan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama (Islam) di tengah kehidupan keagamaan yang diwarnai dengan pemahaman, sikap dan perilaku keagamaan yang radikal dan cenderung melahirkan teror. Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah merupakan salah satu pondok pesantren yang menyajikan atau melakukan internalisasi nilai-nilai moderasi Islam dalam kehidupan. Sehingga penelitian ini mengkaji (i) bagaimana transformasi nilai-nilai moderasi Islam di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik? (ii) bagaimana transaksi nilai-nilai moderasi Islam di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik? Dan (iii) bagaimana transinternalisasi nilai-nilai moderasi Islam di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik? Untuk menjawab pertanyaan ini, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk mendapatkan data, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa: i) wawancara, ii) observasi dan iii) dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan bahwa i) transformasi nilai moderasi Islam di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik dilakukan oleh kyai, ustadz-ustadzah, guru, dan lainnya kepada santri secara satu arah, tanpa ada dialog atau komunikasi timbal balik, ii) transaksi nilai moderasi Islam di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik dilakukan oleh kyai, ustadz-ustadzah, guru, dan lainnya kepada santri secara timbal balik, ada dialog atau komunikasi di antara mereka, dan iii) traninternalisasi nilai moderasi Islam di Pondok Pesantren Qomaruddin Gresik dilakukan oleh kyai, ustadz-ustadzah, guru, dan lainnya kepada santri dengan meberikan keteladan dalam kehidupan keseharian mereka. Nilai moderasi Islam bukan sekedar wacana atau pemahaman belaka, melainkan sudah menjadi bagian hidup mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anah, Rohmatul Hidayah Nisti'rohmatulhidayah1319@gmail.comE92218091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Pesantren
Keywords: Transformasi; Transaksi; Transinternalisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: ROHMATUL HIDAYAH NISTI' ANAH
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:13
Last Modified: 29 Dec 2023 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60095

Actions (login required)

View Item View Item