Hubungan antara dukungan sosial dan Self-Efficacy dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utami, Orchidira Ayunani (2023) Hubungan antara dukungan sosial dan Self-Efficacy dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Orchidira Ayunani Utami_J71217087 OK.pdf

Download (581kB)
[img] Text
Orchidira Ayunani Utami_J71217087 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Memiliki gelar sarjana tidak bisa menjamin bahwa seseorang akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Tantangan pada dunia kerja yang akan dihadapi setelah lulus dari bangku perkuliahan memunculkan perasaan emosi negative pada dirinya yaitu kecemasan menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan sosial dan self-efficacy dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa di Surabaya dengan kriteria yaitu sudah mengambil mata kuliah skripsi, dengan jumlah partisipan 360 mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini juga menggunakan teknik purposive sampling dan teknik analisis data regresi linear berganda. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukan hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial dan kecemasan menghadapi dunia kerja berdasarkan hasil analisis korelasi parsial sebesar -1.679 (p=0,024), serta terdapat hubungan negative signifikan antara self-efficacy dengan kecemasan menghadapi dunia kerja sebesar -12.729 (p=0,000). Hasil penelitian yang diajukan secara signifikan diterima dan menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan self-efficacy dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa di Surabaya ditunjukan dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,432 (p=0,000) dan F hitung berskor 135,695˃3,021012 dari nilai F tabel. Kemudian variabel kecemasan menghadapi dunia kerja dipengaruhi dukungan sosial dan self-efficacy secara simultan sebanyak 43,2%, dan selebihnya yaitu 56,8% dipengarhui variabel lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utami, Orchidira Ayunaniorchidira.a.u@gmail.comJ71217087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatinsunanampel@gmail.com2012067403
Subjects: Psikologi
Perguruan Tinggi
Keywords: Kecemasan menghadapi dunia kerja; dukungan sosial; self-efficacy
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Orchidira Ayunani Utami
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:14
Last Modified: 20 Dec 2023 01:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60148

Actions (login required)

View Item View Item