النعت والمنعوت في كتاب الأخلاق للبنين لعمر بن أحمد بارجاء

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrezy, Fahmy (2023) النعت والمنعوت في كتاب الأخلاق للبنين لعمر بن أحمد بارجاء. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmy Fahrezy_A91217103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kitab Akhlaq Lilbanin menrupakan kitab yang membahas tentang macam-macam akhlaq yang harus ditanamkan kepada anak laki-laki dalam proses pendewasaan. Kitab ini banyak dijadikan sebuah rujukan dalam madrasah dan poondok pesatren di Indonesia, adanya kitab ini, memberikan pengaruh terhadap kehidupan anak-anak. Hadirnya Kitab Akhlaq Lilbanin ini mampu memberikan batasan-batasan terhadap anak-anak yang mempunyai indikasi perilaku yang kurang baik dan menyimpang dari yang semestinya. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji lebih mendalam tentang Kitab Akhlaq Lilbanin. Penelitian ini membahas tentang Na’at dan Man’ut dalam kita Al-Aklaqu Lilbanin karya Al-ustadz Umar bin Ahmad baraja. Kajian yang di gunakan adalah kajian ilmu nahwu, ilmu nahwu adalah ilmu yang mempelajari perubahan-perubahan pada akhir kalimat. Dalam ilmu nahwu terdapat banyak kaidah-kaidah salah satunya adalah Na’at. Adapun pengertian na’at adalah sesuatu yang disebutkan setelah isim untuk menjelaskan gambaran keadaan atau keadaan yang berhubungan dengan isim tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata-kata yang terdapat pada kitab Akhlaq Lilbanin. Kemudian dibedah dengan menggunakan analisis Nahwiyah yang mencakup aspek Na’at dan Man’ut. Adapun hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu na’at dan man’ut secara menyeluruh dalam kitab Akhlaqu Lil Banin. Peneliti mendapatkan hasil data yang berupa na’at haqiqi dan na’at sababi, yang memiliki faedah Idhah, Takhsis, Madah, dan Taukid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrezy, Fahmyfahrezy1999@gmail.comA91217108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Achmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Na’at dan man’ut; al-akhlaqu lilbanin
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fahmy Fahrezy
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:03
Last Modified: 01 Mar 2023 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60194

Actions (login required)

View Item View Item