Perencanaan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle (TPS 3R) di Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathurrochman, Mahendra Alief (2022) Perencanaan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle (TPS 3R) di Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahendra Alief Fathurrochman_H75216038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi di berbagai kota yang sering terjadi yaitu persampahan, salah satunya terjadi di Kota Surabaya. Pada tahun 2020, timbulan sampah di Kota Surabaya sebesar 811.255,10 ton dengan persentase sampah organic 62,8% atau sebesar 509.468,20 ton per tahun. Data tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring pertumbuhan jumlah dan aktivitas penduduk di Kota Surabaya. Kelurahan Simomulyo saat ini memiliki TPS dengan kondisi eksisting berupa bangunan terbuka sehingga masyarakat di sekitar TPS terganggu dengan bau yang ditimbulkan. Salah satu cara mengantisipasi permasalahan sampah dapat dilakukan dengan penerapan konsep Reduce, Reuse, Recycle (3R). Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah merencanakan tempat pengolahan sampah dengan prinsip Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) di Kelurahan Simomulyo, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya. Pendekatan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kuantiatif digunakan untuk menganalisis kondisi persampahan di TPS Simomulyo dan merencanakan Tempat Pengolahan Sampah dengan prinsip Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) dengan lahan yang baru dan diharapkan dapat menjadi mengatasi permasalahan sampah di Kelurahan Simomulyo. Berdasarkan hasil sampling selama 8 hari berturut-turut yang dilakukan menurut SNI 19-3964-1994 di TPS Kelurahan Simomulyo didapatkan hasil bahwa rata-rata densitas sampah di TPS Simomulyo yaitu 139,832 kg/m3. Untuk hasil rata-rata timbulan sampah selama 8 hari yaitu 7.550,909 kg dengan komposisi sampah terdiri dari sampah organik lunak, organik keras, plastik HDPE, plastik PET, Plastik LDPE, kertas, logam, kayu, kaca, kain, diapers dan lain-lain. Pengolahan sampah organik pada TPS 3R di Kelurahan Simomulyo dengan pengomposan menggunakan larva BSF dan sampah anorganik akan di daur ulang. Adapun kebutuhan luas bangunan TPS 3R di Kelurahan Simomulyo berdasarkan pengolahan sampah yang direncanakan yaitu seluas 362,058 m2.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathurrochman, Mahendra Aliefmhndralief@gmail.comH75216038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Subjects: Daur Ulang
Fasilitas Umum
Teknik Lingkungan
Keywords: Pengolahan sampah; TPS 3R; timbulan sampah; densitas sampah; komposisi sampah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Mahendra Alief Fathurrochman
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:20
Last Modified: 28 Feb 2023 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60215

Actions (login required)

View Item View Item