Wirid Jahr dalam Tarekat Shiddiqiyyah untuk meningkatkan ketenangan jiwa di Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman Ploso Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahid, Muhammad Waliyudin (2023) Wirid Jahr dalam Tarekat Shiddiqiyyah untuk meningkatkan ketenangan jiwa di Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman Ploso Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamammad Waliyudin Zahid_E07218023 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Muhamammad Waliyudin Zahid_E07218023 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Konsep Wirid Jahr Dalam Tarekat Shiddiqiyyah Untuk Meningkatkan Ketengan Jiwa di Pondok Pesantren Majma’al Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman Ploso Jombang. Problem akademik penelitian ini dirumuskan pada pertanyaan: 1. Konsep Wirid Jahr dalam Tarekat Shiddiqiyyah. 2. Hubungan Wirid Jahr dengan ketenangan jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan tentang Wirid Jahr dalam Tarekat Shiddiqiyyah untuk meningkatkan ketenangan jiwa pada orang yang mengamalkan wirid tersebut. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren Majma’al Bahrain Hubbul Wathon Minal Iman.Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan historis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Wirid Jahr dalam Tarekat Shiddiqiyyah untuk meningkatkan ketenangan jiwa. Adapun data penelitian diperoleh dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan Teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan teori perubahan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Wirid Jahr dapat merubah seseorang yang awalnya gelisah menjadi tenang, karena Wirid Jahr ini adalah salah satu ajaran zikir yang ada di dalam Baiat Tarekat Shiddiqiyyah. Dengan mengamalkan wirid tersebut seseorang dapat selalu mengingat Allah melalui bacaan Wirid Jahr yaitu, La Ilaha Ila Allah yang di lakukan setiap sholat fardhu dan dibaca sebanyak 120 kali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahid, Muhammad Waliyudinwaliyudin.muhammad@gmail.comE07218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmuji--2027096201
Subjects: Agama
Pesantren
Spiritualisme
Keywords: Wirid jahr; Ketenangan Jiwa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Muhammad Waliyudin Zahid
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:12
Last Modified: 12 Dec 2023 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60321

Actions (login required)

View Item View Item