المحسنات اللفظية في سورة مريم: دراسة بلاغية - Keindahan Lafadz dalam Surat Maryam: kajian Balaghah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnandane, Laura Firda (2023) المحسنات اللفظية في سورة مريم: دراسة بلاغية - Keindahan Lafadz dalam Surat Maryam: kajian Balaghah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laura Firda Isnandane_A91219092 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Muhassinat al-Lafdziyah merupakan salah satu kajian ilmu balaghah yang terdapat pada ilmu badi’ yang membahas tentang keindahan-keindahan kata dari segi lafadznya. Al-Muhassinat al-Lafdziyah dibagi menjadi tiga, yaitu 1) Jinas, 2) Saja’, dan 3) Iqtibas. Al-Muhassinat al-Lafdziyah banyak di temukan dalam Al-Qur’an, Hadis, prosa, syair dan maqamat- maqamat Arab. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan objek penelitian di dalam Al-Qur’an yaitu surat Maryam karena peneliti menemukan banyak uslub-uslub balaghah terutama keindahan dari segi lafadznya, di sebagian besar ayat dalam surah Maryam seperti saja’ dan jinas. yang bertujuan untuk mengetahui maacam-macam al-muhassinat al-lafdziyah dalam surah Maryam serta mengetahui faedah al-muhassinat al-lafdziyah dalam surah Maryam dengan menggunakan teori ilmu balaghah khususnya al-muhassinat al-lafdziyah dalam ilmu badi’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan data dan menganalisisnya. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini yaitu: Pertama, terdapat al-muhassinat al-lafdziyah berupa Jinas yang terdiri dari tiga jinas ghairu tam, dan terdapat 41 Saja’ yang terdiri dari 24 saja’ mutharraf dan 17 saja’ mutawazi. Kedua, terdapat empat faedah al-muhassinat al-lafdziyah, yaitu sebagai peringatan, sebagai perubahan situasi dan kondisi, melembutkan hati, dan membangkitkan semangat hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnandane, Laura Firdalauraisnandani5@gmail.comA91219092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, HuseinUNSPECIFIED2003015601
Thesis advisorAlindah, Lutfiyaha_lindah@yahoo.com198607202020122010
Subjects: Kesenian
Al Qur'an
Keywords: Ilmu Balaghah; Muhassinat al Lafdziyah; Surah Maryam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Laura Firda Isnandane
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:30
Last Modified: 20 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60393

Actions (login required)

View Item View Item