العناصر الداخلية في قصة قصيرة "الجميلة النائمة" لعادل الغضبان (دراسة أدبية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Divanda, Annadhivia putri (2023) العناصر الداخلية في قصة قصيرة "الجميلة النائمة" لعادل الغضبان (دراسة أدبية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annadhivia Putri Divanda_A91217099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cerpen putri tidur karya Adel al-Ghadban sangat menarik untuk diteliti. Cerpen ini dianggap sebagai cerita fiksi, yang menceritakan tentang kehidupan keluarga kerajaan, yang mana konflik penelitian ini terletak pada kehidupan putri dari sang raja tersebut. Pengarang mencoba menyampaikan isi cerita tidak hanya melalui penggambaran tokoh utama saja, melainkan melalui unsur-unsur intrinsik lainnya. Dengan mengatahui unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerpen Putri Tidur karya Adel al-Ghadban pembaca bisa memahami isi cerita dan menemukan pesan tersirat di dalamnya dan bagaimana unsur-unsur intrinsik yang terkandung dalam cerpen ini.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori unsur intrinsik, yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur atau plot, setting atau latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat. Unsur-unsur inilah yang terkandung dalam suatu karya sastra yang berfungsi untuk membangun karya sastra itu sendiri agar lebih indah dan menarik untuk dibaca. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data-data yang berupa kata, kalimat dalam bentuk tulisan yang kemudian dipaparkan dan dikelompokkan sesuai dengan permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini. Dan hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian unsur intrinsik dalam cerpen Putri Tidur ini adalah 1) tema: kebaikan yang pasti menang dan berujung kebahagiaan. 2) tokoh: sang putri, pangeran, peri, raja, dan ratu 3) alur: maju. 4) latar tempat: istana yang dikelilingi semak belukar. Latar waktu: pagi hari, siang hari, malam hari. 5) sudut pandang: orang ketiga. 6) Amanat: kebaikan akan selalu menang di akhir cerita, dan orang baik akan selalu hidup bahagia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Divanda, Annadhivia putriannadhiviaputri@gmail.comA91217099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur intrinsik; cerpen putri tidur; Adel al-Ghadban
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: annadhivia putri divanda
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:30
Last Modified: 01 Mar 2023 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60425

Actions (login required)

View Item View Item