Kendali optimal menggunakan prinsip minimum pontryagin pada penyebaran penyakit COVID-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rif'at, Naufal (2023) Kendali optimal menggunakan prinsip minimum pontryagin pada penyebaran penyakit COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naufal Rif'at_H92219053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penyakit COVID-19 muncul pertama kali pada akhir bulan Desember 2019 hingga saat ini. Penularan penyakit COVID-19 dapat melalui droplet, airbone, maupun kontak langsung antar individu. Salah satu langkah yang dapat digunakan dalam menekan laju penyebaran COVID-19 di DKI Jakarta dalam peneitian ini, yaitu analisis dinamika model penyebaran penyakit COVID-19 dengan kondisi tanpa kendali yaitu model SEIR, dan dengan kendali yaitu model SEIQR yang disertai 3 kendali, diantaranya kendali pencegahan, kendali isolasi, dan juga kendali vaksin. Adapun penyelesaian kendali optimal yang digunakan adalah prinsip minimum pontryagin dengan fungsi tujuan yaitu mengurangi subpopulasi terpapar dan terinfeksi dengan meminimumkan biaya pengeluaran untuk tindakan pencegahan COVID-19, serta metode numerik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode Runge-Kutta Orde Empat. Hasil simulasi menunjukkan bahwa dengan adanya kendali optimal dapat mempercepat terjadinya wabah, terutama pada subpopulasi terpapar menurun 6 hari lebih cepat dan subpopulasi terinfeksi dapat menurun 2 hari lebih cepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rif'at, Naufalnrifat03@gmail.comH92219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsyhar, Ahmad Hanifhanif@uinsby.ac.id2023018602
Thesis advisorUtami, Wika Dianitawikadianita@uinsby.ac.id2010069201
Subjects: Matematika
Keywords: COVID-19; kendali optimal; prinsip minimum pontryagin; runge- kutta orde empat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Naufal Rif'at
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:36
Last Modified: 28 Feb 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60625

Actions (login required)

View Item View Item