Strategi pengembangan bisnis minimarket Homastas di pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan perspektif etika bisnis syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syamsi Ms, Badrus (2022) Strategi pengembangan bisnis minimarket Homastas di pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan perspektif etika bisnis syariah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Badrus Syamsi Ms_F02419107.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pesantren memiliki kemandirian di bidang ekonomi dalam waku yang sangat singkat. Selain ilmu pengetahuan agama, pesantren diyakini dapat menebarkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang dapat meningkatkan taraf hidup manusia lebih baik melalui kreatif dan inovatif. Pesantren menyediakan fasilitas bagi para alumni berdirinya minimarket merupakan langkah positif terhadap kemajuan pesantren melalui strategi dan perkembangan ekonomi pesantren mampu bersaing secara ekonomi dengan pengusaha-pengusaha di luar pesantren. Oleh karenanya dalam hasil penelitian dilapangan yang tujuanya untuk menjawab pertanya bagaimana strategi pengembangan minimarket Homastas Pondok Pesantren Bata-Bata dalam persipektif etika bisnis Islam dengan mengulas dari sisi startegi bisnis dalam pengembangan minimarket. Dalam hal ini pondok pesantren bata-bata memulai atas kemajuan pesantren lain dalam hal ekonomi dalam hal ini strategi bisnis sagat penting untuk bersaing dengan minimarket yang lebih lama berdiri. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis minimarket di pandang dalam persefiktif etika bisnis islam. Penelitian ini dilakukan pada minimarket Homastas kabupaten pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data dari hasil wawancara dengan minijer Homastas, observasi langsung dipalangan. Hasil penelitian ini menujukkan keberhasilan strategi pengembangan bisnis melalui kerjasan investasi antara alumni, simpatisan dengan pihak pengelola minimarket yang mengutaman keberhasilan bersama, maka ada beberapa hal yang menjadi pondasi penting, kepercayaan, keterbukaan, kerjasama, hal ini menjadi podasi utama pengembangan bisnis dan starategi yang dijankan. etika bisnis Islam yang menjadi ajuan dan teori yang di gunakan di minimarket Homastas adalah kejujuran, keseimbangan (equilibrium), tangung jawab dan ketauhitan, secara sederhada etika dalam Islam mepelajari tentang baik, buruk benar dan salam Homastas selalu mengedepankan kejujuran sebagai kenci utama didalam menjalankan semua aktivitas bisnis baik dalam penjualan produk atu dilama pemasaran prilaku yang di jalankan setiap hari tidak terlepas dari etika bisnis Islam

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syamsi Ms, Badrusbadrussyamsih123@gmail.comF02419107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotib, H. Khotibkhotibsholeh@gmail.com2008066902
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com--
Subjects: Bisnis
Keywords: Strategi; Bisnis; Pengembangan; Minimarket
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Badrus Syamsi Ms
Date Deposited: 03 Nov 2023 15:08
Last Modified: 03 Nov 2023 15:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60704

Actions (login required)

View Item View Item