Strategi kepala madrasah dalam mempersiapkan siswa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Putri Alivia (2023) Strategi kepala madrasah dalam mempersiapkan siswa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Alivia Ramadhani_D93219094 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Alivia Ramadhani_D93219094 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan yang sangat ketat dalam seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur Undangan sehingga mengharuskan Mandrasah Aliyah Negeri Sidoarjo memiliki strategi agar siswa disana dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Agar siswa dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri sesuai dengan potensi yang dimiliki maka kepala sekolah dianggap berperan penting dalam persiapan siswa mengikuti seleksi masuk Pergueuan Tinggi Negeri dengan cara menyusun strategi persiapan siswa mendaftar dan mengikuti seleksi jalur undangan Penelitian ini berfokus pada beberapa hal yang Pertama, Bagaimana strategi kepala madrasah dalam mempersiapkan siswa masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo? Kedua, Apa faktor penghambat dan faktor pendukung strategi kepala madrasah dalam mempersiapkan siswa masuk perguruan tinggi negerti melalui jalur undangan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo? Ketiga, Bagaimana dampak dari adanya strategi kepala madrasah dalam mempersiapkan siswa masuk perguruan tinggi negeri jalur undangan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo? Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, data yang didapatkan bersumber dari data sekunder dan data primer dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat akan diuji keabsahannya dengan triangulasi dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam mempersiapkan siswa mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo yakni ada beberapa cara yaitu Pertama, mempersiapkan siswa sejak dini yang dimulai sedari kelas 10, Kedua, mempersiapkan dan mengarahkan siswa tentang perguruan tinggi negeri sesuai dengan potensi dan keinginan, Ketiga, pemberian Program Intensif Belajar untuk kelas 12, Keempat, mengawal Nilai rapot siswa dari kelas 10 hingga kelas 12 agar terus meningkat, dan Kelima, menyediakan wadah untuk mengembangkan potensi siswa dan meraih banyak prestasi di Club Olimpiade. Dalam pelaksanaan strategi kepala madrasah tidak lepas dari faktor pendukung seperti letak strategis, program madrasah, dan kerja sama antar warga sekolah dan penghambatnya seperti kurangnya
wawasan siswa tentang Perguruan Tinggi Negeri, dari segi waktu dan juga jarak tempuh. Dampak yang terjadi dengan adanya strategi kepala madrasah ini sangat berpenguh untuk Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, yakni bertambahnya jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan banyaknya jumlah siswa yang berprestasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Putri Aliviaputrialivia123@gmail.comD93219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Keywords: Strategi Kepala Madrasah; Perguruan Tinggi Negeri; Jalur Undangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Alivia Ramadhani
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:25
Last Modified: 20 Dec 2023 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60722

Actions (login required)

View Item View Item