Pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagggai variabel intervening saat terjadi pandemi covid-19: pada sub sektor restoran, hotel dan pariwisata tahun 2019-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatulloh, Ahmad Alfin (2022) Pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagggai variabel intervening saat terjadi pandemi covid-19: pada sub sektor restoran, hotel dan pariwisata tahun 2019-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Alfin Rohmatulloh_G92218062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan sub sektor restoran hotel dan pariwisata tahun 2019-2020. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder, yakni laporan tahunan dan beberapa data dari web resmi BEI. Populasi dalam penelitian ini menggunakan perusahaan sub sektor restoran hotel dan pariwisata yang berjumlah 44 perusahaan dan sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling yang menghasilkan 32 perusahaan terpilih dengan kriteria tertentu. Penelitian ini menggunakan 2 tahun periode maka dari itu data amatan yang dipakai untuk diuji sejumlah 64 data. Dalam melakukan uji data terdapat data extreme yang dapat menganggu hasil dari pengujian data maka dari itu data extreme tersebut dihapus dan tersisa 55 data untuk diuji. Dalam menguji hipotesis digunakan bantuan software SPSS 26 dalam mengolah data. Hasil uji T menunjukkan bahwa pengaruh langsung Profitabilitas (ROA) terhadap Nilai Perusahaan (Tobins’Q) tidak berpengaruh signifikan, pengaruh langsung dari Ukuran Perusahaan (Size) terhadap Nilai Perusahaan (Tobins’Q) tidak berpengaruh signifikan, pengaruh langsung dari Struktur Modal (DAR) terhadap Nilai Perusahaan (Tobins’Q) tidak berpengaruh signifikan, pengaruh langsung dari Profitabilitas (ROA) terhadap Struktur Modal (DAR) berpengaruh signifikan, pengaruh langsung dari Ukuran Perusahaan (Size) terhadap Struktur Modal (DAR) berpengaruh signifikan, dan hasil dari sobel test menunjukkan bahwa pengaruh tidak langsung Struktur Modal (DAR) tidak signiifikan atau tidak bisa memediasi Profitabilitas (ROA) terhadap Nilai Perusahaan (Tobins’Q) sedangkan pengaruh tidak langsung Struktur Modal (DAR) tidak signifikan atau tidak mampu memediasi Ukuran Perusahaan (Size) Terhadap Nilai Perusahaan (Tobins’Q). Dari hasil penelitian ini diharapkan manajemen perusahaan diharuskan untuk dapat meningkatkan kompetensi dan komitmennya terhadap instansi, supaya dapat memaksimalkan potensi kedepan perusahaan. Serta bagi investor diharuskan lebih selektif dalam melakukan investasi baik melalui analisa fundamental maupun teknikal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatulloh, Ahmad Alfinahmadarrrr1234@gmail.comG92218062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKoerniawati, Dwinia.dkw01@gmail.com--
Subjects: Bursa Saham
Ekonomi
Keywords: Profitabilitas; ukuran perusahaan; nilai perusahaan; struktur modal profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan, dan struktur modal.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Ahmad Alfin Rohmatulloh
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:08
Last Modified: 02 Mar 2023 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60748

Actions (login required)

View Item View Item