Sifat-sifat Nafs Ammarah perspektif Syekh Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi Al Bantani dalam Kitab Tafsir Marah Labid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoffifah, Risalatul (2023) Sifat-sifat Nafs Ammarah perspektif Syekh Muhammad Nawawi bin Umar Al Jawi Al Bantani dalam Kitab Tafsir Marah Labid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risalatul Khofifah_E73219064 OK.pdf

Download (571kB)
[img] Text
Risalatul Khofifah_E73219064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Setiap jiwa dalam diri manusia terdapat nafs yang selalu mendorong manusia itu untuk berbuat dosa atau kejahatan. Nafs manusia itu sering disebut nafs ammarah atau nafs ammarah bi al-su’i. Penelitian ini perlu dibahas, nafs ammarah bukan sekedar amarah biasa sebagaimana yang diketahui manusia pada umumnya, namun terdapat sifat-sifat didalamnya yang tanpa disadari manusia telah melakukannya. Hal itu, perlu penelitian lebih lanjut supaya memberi pemahaman mengenai sifat-sifat nafs ammarah perspektif Syekh Nawawi. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penafsiran mengenai sifat-sifat nafs ammarah perspektif Syekh Nawawi dalam kitab tafsir Marah Labid, 2) bagaimana analisis penafsiran Syekh Nawawi terhadap sifat-sifat nafs ammarah. Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan penafsiran sifat-sifat nafs ammarah perspektif Syekh Nawawi dalam kitab tafsir Marah Labid dan mendeskripsikan analisis sifat-sifat nafs ammarah perspektif Syekh Nawawi. Dalam menjawab permasalah itu, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Metode yang digunakan yakni deskriptif dan tahlili (analisis) yakni menjelaskan penafsiran Syekh Nawawi mengenai sifat-sifat nafs ammarah, kemudian dikuatkan dengan menggunakan penafsiran mufassir lainnya.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sifat-sifat nafs ammarah Perspektif Syekh Nawawi dalam kitab tafsir Marah Labid, nafs ammarah terdapat dalam Alquran surah Yusuf ayat 53, adapun karakteristik nafs ammarah meliputi hasad (an-Nisa’ ayat 32), bakhil (Ali Imran ayat 180) dan sombong (Luqman ayat 18). Rincian sifat-sifat nafs ammarah tidak disebutkan dalam tafsir Marah Labid namun terdapat dalam kitab Qatrul Ghaith karya Syekh Nawawi sendiri, yang menyebut sifat-sifat nafs ammarah selain hasad, bakhil dan sombong masih terdapat sifat lainnya, yakni hirsu, kebodohan, ash-shahwat dan ghasab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoffifah, Risalatulrisalatulkhoffifah@gmail.comE73219064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsby.ac.id;aang.efha@gmail.com2006075901
Subjects: Agama
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Sifat-sifat; Nafs Ammarah; Syekh Nawawi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Risalatul Khoffifah
Date Deposited: 28 Dec 2023 11:43
Last Modified: 28 Dec 2023 11:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60889

Actions (login required)

View Item View Item