Framing media dalam berita tragedi kanjuruhan: studi pada media online malangtimes.com dan suarasurabaya.net

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabila, Radifa Husna (2023) Framing media dalam berita tragedi kanjuruhan: studi pada media online malangtimes.com dan suarasurabaya.net. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Radifa Husna Sabila_B95219121 OK.pdf

Download (782kB)
[img] Text
Radifa Husna Sabila_B95219121 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Rivalitas antara Bonek dan Aremania sudah menjadi hal yang diketahui semua orang. Memburuknya hubungan antara dua kubu ini diawali oleh pemberitaan media yang berbau “adu domba”. Saat terjadinya tragedi Kanjuruhan tentu media Malang dan Surabaya memberitakan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami framing media malangtimes.com dan suarasurabaya.net yang berkaitan dengan tragedi Kanjuruhan dengan analisis framing Pan dan Kosicki. Peneliti menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan jenis penelitian analisis framing Pan dan Kosicki. Analisis ini membagi perangkat menjadi empat, yaitu elemen sintatik, skrip, tematik, dan retoris. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalam teori framing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media malangtimes.com dan suarasurabaya.net memiliki frame yang berbeda terhadap pemberitaan tragedi Kanjuruhan. Elemen sintaksis dalam pengutipan dan pemilihan sumber yang dilakukan malangtimes.com menunjukkan kecondongan kepada Aremania. Sedangkan suarasurabaya.net menunjukkan keobjektifan dan tidak condong pada pihak manapun. Elemen skrip malangtimes.com mengisahkan fakta sedikit berlebihan karena terdapat berita yang memuat fakta yang kurang dibutuhkan pembaca. Sedangkan suarasurabaya.net mengisahkan fakta secukupnya, yakni fakta yang memang dibutuhkan pembaca. Elemen tematik malangtimes.com lebih menuliskan fakta mengenai tersiksanya Aremania saat Tragedi Kanjuruhan sedangkan suarasurabaya.net fokus pada perkembangan dan penyelesaian pihak atau para ahli pada tragedi Kanjuruhan. Dan melalui elemen retorisnya malangtimes.com menekankan fakta pada penderitaan korban yakni aremania dan menghadirkan perlawanan untuk pihak polisi. Sedangkan suarasurabaya.net menekankan fakta yang sesungguhnya tanpa memerdulikan kedua belah pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabila, Radifa Husnaradifasab@gmail.comB95219121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alialinurdinlmg@gmail.com2002067101
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Framing; media; tragedi Kanjuruhan; malangtimes.com; suarasurabaya.net
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Radifa Husna Sabila
Date Deposited: 20 Dec 2023 05:12
Last Modified: 20 Dec 2023 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60901

Actions (login required)

View Item View Item