Analisis strategi survival pada bisnis travel Haji dan Umrah saat pandemi Covid-19 di Shafira Tour & Travel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awaludin, Azrul Afrillana (2022) Analisis strategi survival pada bisnis travel Haji dan Umrah saat pandemi Covid-19 di Shafira Tour & Travel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azrul Afrillana Awaludin_B94219071 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi survival Shafira Tour & Travel saat pandemi Covid-19 dan faktor-faktor yang menjadi penghambat proses penerapan strategi survival. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan jenis penelitian eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah in-depth interview, participant observation, dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan teknik. Kemudian, untuk analisis data peneliti menggunakan pendekatan Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah Shafira Tour & Travel menerapkan strategi survival dengan mengintegrasikan tiga fungsi strategis perusahaan, yaitu manajemen operasional, pemasaran, dan keuangan. Berikut bentuk-bentuk strategi yang diterapkan Shafira Tour & Travel. Strategi operasional: mengurangi aktivitas kantor dan menerapkan WFH, mencutikan karyawan dan sistem kerja rolling, bekerja sama dengan mitra bisnis, diversifikasi produk, merancang strategi ticketing, dan menerapkan manasik online. Strategi pemasaran: mengoptimalkan media sosial, melakukan negosiasi integratif, memperluas pangsa pasar, dan menerapkan strategi bauran pemasaran. Strategi keuangan: menganalisis keuangan perusahaan menggunakan software akuntansi, bekerja sama dengan divisi lain dan memanfaatkan kas dengan baik, melakukan pencatatan utang dan piutang, bekerja sama dengan bagian umum dan perlengkapan untuk mencari vendor perlengkapan yang ekonomis, dan memaksimalkan potensi usaha di bidang lain (AL JAZIRA) Sedangkan faktor yang menjadi penghambat strategi survival di Shafira Tour & Travel adalah kurangnya sumber daya manusia, kurangnya teknologi yang mumpuni, miskomunikasi antara kantor pusat dan cabang, dan faktor eksternal seperti kebijakan pemerintah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awaludin, Azrul Afrillanaazrulafril21@gmail.comB94219071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Ahmad Khairulkhairul.hakim@uinsby.ac.id2030127501
Subjects: Manajemen
Manajemen Dakwah
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi; Survival; Travel Haji dan Umrah; Pandemi Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Azrul Afrillana Awaludin
Date Deposited: 03 Nov 2023 14:59
Last Modified: 03 Nov 2023 14:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60914

Actions (login required)

View Item View Item