Islam Wasathiyyah dalam Ceramah Gus Baha' di Youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Mahmud G.S, Muhammad Rosyidul Adzhi (2021) Islam Wasathiyyah dalam Ceramah Gus Baha' di Youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rosyidul Adzhi Al Mahmud G.S_B01216031 OK.pdf

Download (884kB)

Abstract

Islam wasathiyyah atau yang lebih dikenal dengan Islam moderat berada pada pertengahan dari segala sesuatu yang berseberangan. Muslim radikalisme dengan pemahamannya tentang agama yang teralu tekstual, yaitu memberikan porsi berlebihan dalam memahami sebuah persoalan dan memegang teguh pada teks agama daripada akal. Sementara muslim liberal terlalu kontekstual atau terlalu mengedepankan logika dalam menafsirkan agama dan meginterpretasi teks-teks suci.Rumusan masalah pada penenetian ini adalah Bagaimana wacana Islam wasathiyyah yang diwacanakan Gus Baha' dalam ceramahnya yang berjudul “Perspektif Lain : Non-Muslim Jadi Pemimpin” pada kanal Santri Gayeng, “Jangan Khusyuk-khusyuk, Nanti Kamu Makin Bodoh” pada kanal Santri Gayeng, “Jihad Kok Melawan Polisi Muslim & Presiden Muslim” pada kanal Kalam-Kajian Islam, “Hidup Sebenarnya Apa?” pada kanal Ngaji Kyai di YouTube?”.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui wacana Islam wasathiyyah yang diwacanakan Gus Baha' dalam ceramahnya di YouTube. Hasil penelitaian ini menunjukkan bahwa Adil, seimbang dan adil merupakan konsep Islam wasathiyyah yang diwacanakan oleh Gus Baha’ di YouTube.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Mahmud G.S, Muhammad Rosyidul Adzhimrozidam@gmail.comB01216031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Media
Komunikasi Islam
Media Sosial
Keywords: Islam Wasathiyyah; Adil; Seimbang; Toleran; Gus Baha’
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Rosyidul Adzhi Al Mahmud
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:26
Last Modified: 04 Dec 2023 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60954

Actions (login required)

View Item View Item