Pemberdayaan masyarakat melalui pembentukan kelompok belajar bersama berbasis pemberdayaan aset di Dusun Pulo Desa Campur Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Asyrof, M Ulin Nuha (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui pembentukan kelompok belajar bersama berbasis pemberdayaan aset di Dusun Pulo Desa Campur Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Ulin Nuha Al Asyrof_B72218074 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembentukan Kelompok Belajar Bersama Berbasis Pemberdayaan Aset Di Dusun Pulo Desa Campur Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Strategi yang digunakan dengan melakukan pemberdayaan aset serta pembentukan kelompok belajar bersama. Aset yang dimiliki tersebut ialah keterampilan pedagang pentol dan tanaman bawang merah. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode Asset Based Community Development (ABCD). Tahapan-tahapan dalam pendekatannya adalah dengan diawali Discovery, Dream, Design, Define, Destiny. Proses pemberdayaan masyarakat dilakukan bersama fasilitator untuk membentuk kelompok belajar bersama. Fasilitator beserta masyarakat pada prosesnya membentuk suatu kelompok belajar bersama. Dengan aksi “Demo Uji coba Pembuatan pentol” dengan memanfaatkan kedua aset terbesar di wilayah tersebut yaitu pentol yang ditambahkan dengan aset bahan bawang merah. Implementasi demo uji coba tersebut juga membuahkan hasil yang positif yakni adanya inovasi produk pentol dan peningkatan “omset penjualan”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Asyrof, M Ulin Nuhamuhammadasyrof21@gmail.comB72218074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munir--2017035901
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Belajar Bersama; Masyarakat Dusun Pulo; Aset pentol; Demo Uji Coba.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M. Ulin Nuha Al-Asyraf
Date Deposited: 26 Nov 2023 00:58
Last Modified: 26 Nov 2023 00:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60962

Actions (login required)

View Item View Item