Analisis penilaian financial distress pada perusahaan sektor transportasi dengan menggunakan metode Altman z-score, Springate, dan Zmijewski

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Adinda Dwi Nirmala (2022) Analisis penilaian financial distress pada perusahaan sektor transportasi dengan menggunakan metode Altman z-score, Springate, dan Zmijewski. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Dwi Nirmala Putri_G94217135.pdf

Download (1MB)

Abstract

Financial distress merupakan kondisi menurunnya kinerja keuangan suatu perusahaan yang ditandai dengan menurunnya laba bersih perusahaan dan kesulitan membayar kewajiban jangka pendek maupun jangka panjang. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan perusahaan mengalami kebangkrutan. Terdapat berbagai macam metode untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan yaitu metode Altman Z-Score Modifikasi, Springate, dan Zmijewski. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keakuratan analisis Financial distress dari metode Altman Z-Score Modifikasi, Springate, dan Zmijewski untuk memprediksi kebangkrutan pada perusahaan transportasi. Terutama untuk menganalisis kondisi perusahaan pada saat pandemi terjadi di Indonesia tahun 2020. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian yang digunakan yaitu perusahaan transportasi yang terdaftar di BEI sebagai saham syariah periode 2015-2020. Teknik pengambilan sampel dari objek penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Analisis statistik pada penelitian ini menggunakan perhitungan rasio keuangan perusahaan dari masing-masing metode kebangkrutan, komparasi setiap tahun menurut metode kebangkrutan, dan menghitung tingkat akurasi dan tipe eror. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Altman Z-Score Modifikasi memiliki tingkat akurasi dan tipe eror sebesar 60,83% dan 39,17%. Metode Springate memiliki tingkat akurasi dan tipe eror sebesar 73,33% dan 26,67%. Metode Zmijewski memiliki tingkat akurasi dan tipe eror sebesar 55,83% dan 44,17%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode Springate lebih akurat dalam memprediksi Financial distress pada perusahaan transportasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Adinda Dwi Nirmalaadindadwinp@gmail.comG94217135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Ekonomi
Investasi
Bisnis
Perusahaan Perdagangan
Keywords: Financial distress; Kebangkrutan; Altman Z-Score; Springate; Zmijewski.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Adinda Putri
Date Deposited: 29 Oct 2023 13:39
Last Modified: 29 Oct 2023 13:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61059

Actions (login required)

View Item View Item