Analisis strategi marketing sebelum dan ketika masa pandemi Covid-19 di Lembaga Dompet Amanah Umat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arfiansyah, Tyo (2022) Analisis strategi marketing sebelum dan ketika masa pandemi Covid-19 di Lembaga Dompet Amanah Umat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tyo Arfiansyah_G75218034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Metode deskriptif digunakan untuk memaparkan dan menggambarkan bagaimana strategi marketing yang ada di LAZ Dompet Amanah Umat Sidoarjo. Kemudian peneliti melakukan analisis dengan prinsip-prinsip strategi marketing dan mengkaji sesuai dengan kejadian yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing sebelum dan ketika masa pandemi Covid-19 di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat Sidoarjo dilakukan secara online dan offline. Penerapan yang dilakukan ialah adanya sebuah perumusan strategi marketing sebelum dijalankannya suatu pemasaran. Langkah selanjutnya ialah penerapan strategi marketing yang telah di rencanakan sesuai keputusan bersama. Pada tahapan pelaksanaan sudah dilakukan maka langkah berikutnya ialah melakukan bentuk evaluasi sebagai pengawasan dalam jalannya program. Semua tiga indikator dalam menyusun strategi pemasaran telah dilakukan di LAZ DAU Sidoarjo. Analisis Strategi Marketing STP (Segmentasi, Targeting and Positioning) sebelum dan ketika masa pandemi Covid-19 di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat Sidoarjo ialah untuk segmentasi marketing LAZ DAU memilih sasaran donatur pada usia antara 20 sampai 50 tahun, jenis kelamin yang dituju ialah laki-laki dan perempuan, ukuran keluarga berada pada golongan ekonomi ke atas. Pendapatan dalam satu bulan minimal sesuai dengan ketentuan UMR setempat. Agama yang hendak dijadikan sasaran ialah umat Islam. Pada Targeting LAZ DAU dalam penghimpunan dana zakat selalu mengalami perubahan setiap tahun. Hal ini disebabkan adanya peningkatan pencapaian setiap tahunnya. Landasan yang dijadikan acuan pada saat ada perubahan peningkatan target ialah laporan keuangan tahun sebelumnya. Positioning yang dilakukan LAZ DAU ialah LAZ DAU ialah sebagai pembantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, yang mana didalamnya terdapat beberapa operasional yang dilakukan seperti melakukan penghimpunan dana, penyaluran dana, pendayagunaan dana dan pelaporan keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arfiansyah, Tyomailto:Tyoarfiansyah@gmail.comG75218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDikuraisyin, Basarbasardikuraisyin@uinsby.ac.id2129118801
Subjects: Manajemen Strategi
Zakat
Keywords: Strategi Marketing; Covid-19; Lembaga Amil Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Tyo Arfiansyah
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:45
Last Modified: 07 Mar 2023 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61134

Actions (login required)

View Item View Item