Penggunaan emoji whatsapp dalam komunikasi interpersonal ibu-ibu di Perumahan Gading Karya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusmiyanto, Idha Mahendra (2023) Penggunaan emoji whatsapp dalam komunikasi interpersonal ibu-ibu di Perumahan Gading Karya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Idha Mahendra Kusmiyanto_B95219102.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ada dua persoalan yang dikaji dalam penelitian ini yakni yang pertama tentang penggunaan emoji whatsapp dan yang kedua tentang motif ibu-ibu menggunakan emoji whatsapp dalam komunikasi interpersonal. Untuk mengatasi kedua permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode dan pendekatan ini dirasa tepat untuk bisa mencari data dan menggambarkan data. Adapun hasilnya sebagai berikut: pengguna akan menerima pesan masuk di media whatsapp dalam bentuk pesan teks maupun pesan suara (voice note). Penggunaan emoji whatsapp dilihat dari pembahasan yang mereka bahas dalam proses komunikasi. Setelah itu pengguna akan membalas atau merespon pesan yang diterima dengan kalimat verbal dan juga menyisipkan emoji whatsapp yang diinginkannya dengan cara melihat pesan yang diterima, lalu memilih emoji yang ada di aplikasi whatsapp, kemudian memencet emoji whatsapp yang diinginkan. Motif ibu-ibu di perumahan Gading Karya Surabaya menggunakan emoji whatsapp dalam komunikasi interpersonal yakni motif hiburan dan motif memberikan kesan baik. Motif memberikan kesan baik menjadi motif yang paling banyak mendominasi dalam penggunaan emoji whatsapp. Mereka ingin menjadi pribadi yang baik, akrab, sopan, ramah, ekspresif, dan peduli ketika menggunakan emoji whatsapp.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusmiyanto, Idha Mahendraidhamahendra8@gmail.comB95219102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Moch. Choirul--197110171998031001
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Sosial
Informasi
Keywords: Emoji; whatsapp; penggunaan; motif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Idha Kusmiyanto
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:39
Last Modified: 08 Mar 2023 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61183

Actions (login required)

View Item View Item