Representasi Islam Pakistan dalam film series “Ms. Marvel Episode 3”: analisis semiotik John Fiske

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhayati, Alfina (2022) Representasi Islam Pakistan dalam film series “Ms. Marvel Episode 3”: analisis semiotik John Fiske. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfina Nurhayati_B71219059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Islam dan Pakistan direpresentasikan dalam Film “Ms Marvel Episode 3” dengan analisis semiotika John Fiske. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik analisis semiotika John Fiske.Teknik analisis semiotika digunakan untuk menganalisis tanda dan simbol yang terdapat dalam film. Data penelitian ini diperoleh dari proses observasi dan memperoleh data literature meliputi buku, jurnal, internet, dan artikel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilainilai Islam dalam simbol budaya Pakistan yang ada pada film seperti (1) level realitas nilai-nilai Islam yang digambarkan dari kode seperti kostum shalwar kameez, riasan henna, dan lingkungan, (2) level representasi yang digambarkan pada kode setting pernikahan budaya Pakistan (3) level ideologi ditunjukkan melalui kode sosial berupa ras Pakistan dalam film Ms. Marvel. Dapat ditarik kesimpulan bahwa film series Ms. Marvel Episode 3 merepresentasikan nilai-nilai Islam dan menunjukkan adanya akulturasi budaya Pakistan dengan Islam melalui film sebagai media dakwah. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan ada penelitian lebih lanjut tentang representasi Islam Pakistan pada film lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhayati, Alfinaalfinanoer85@gmail.comB71219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Film
Keywords: Representasi; Islam; Media Dakwah; Film Ms Marvel; Semiotik John Fiske.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:16
Last Modified: 06 Mar 2023 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61203

Actions (login required)

View Item View Item