الكلام الإنشائي الطلبي في كتاب بداية الهداية للإمام الغزالي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Ahmad (2022) الكلام الإنشائي الطلبي في كتاب بداية الهداية للإمام الغزالي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Muhammad_A91217094.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bidayatul Hidayah merupakan salah satu kitab yang dikarang oleh Imam Al Ghazali، kitab tersebut terkandung tata cara dan etika beribadah dalam agama Islam seperti budi pekerti، akhlak، serta hal hal yang terbaik yang tentu jadi panutan bagi kaum muslim dalam etika beribadah. Dalam penelitian ini membahas tentang Kalam Insya’ Thalabi. Adapun fokus permasalahan dalam pembacaan skripsi ini ada dua، yang pertama adalah Apa macam-macam Kalam Insya’Thalabi dalam Kitab Bidayatul Hidayah، kemudin yang kedua adalah apa makna Kalam Insya’ Thalabi dalam Kitab Bidayatul Hidayah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menunjang kelancaran peneliti adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Karena penelitian ini data-data yang diperoleh bukan berupa angka melainkan berupa kata-kata. Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistika yaitu peneliti membaca Kitab Bidayatul Hidayah kemudian mengelompokkan kata yang termasuk dalam Kalam Insya’ Thalabi. Berdasarkan dari analisis tersebut peneliti memperoleh data sebanyak 142 yang termasuk dalam Kalam Insya’ Thalabi dalam bentuk berbeda yaitu : 109 data dalam bentuk Amr، 26 data dalam bentuk Nahi، 6 data dalam bentuk Nida’، 1 data dalam bentuk Tamanni.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Ahmadematmuhammad@gmail.comA91217094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorrochim, fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kalam insya’ thalabi; bidayatul hidayah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ahmad Muhammad Muhammad
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:34
Last Modified: 08 Mar 2023 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61217

Actions (login required)

View Item View Item