تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الهمزة لدى تلميذات الفصل الثاني في المدرسة الدينية معهد نور التوحيد لوماجانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahreni, Jessica Meilia (2023) تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الهمزة لدى تلميذات الفصل الثاني في المدرسة الدينية معهد نور التوحيد لوماجانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jessica Meilia Syahreni_A01219019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, untuk memahami apa yang diinginkan seseorang pada orang lain. Bahasa juga merupakan faktor pembeda antara manusia dan hewan. Bahasa sendiri adalah bahwa itu adalah suara yang digunakan setiap orang untuk mengekspresikan gejalanya.Tanpa bahasa, aktivitas kognitif orang tidak mungkin, dan itu adalah tindakan dari apa pun yang Anda ucapkan. Bahasa di dunia ini erat kaitannya dengan berpikir, karena pemikiran manusia selalu dapat dirumuskan melalui pola bahasa, bahkan dengan pemikiran esoteris atau esoterik. Penelitian ini membahas tentang kesalahan penulisan hamzah pada santriwati kelas fua diniyah pondok nurul tauhid lumajang, pembahasan yang dibahas pada penelitian ini berfokus pada dua hal yaitu, 1) bagaimana bentuk kesalahan penulisan hamzah pada santriwati kelas dua diniyah di Pondok Nurul Tauhid Lumajang, 2) apa saja penyebab terjadinya kesalahan penulisan hamzah pada santriwati kelas dua diniyah di Pondok Nurul Tauhid Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan sebab-sebab kesalahan dalam penulisan hamzah pada santriwati kelas dua diniyah di Pondok Nurul Tauhid Lumajang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang mana dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dari tulisan santriwati untuk meneliti kesalahan yang ada. Jenis penelitian ini adalah analisis kesalahan. Dalam penelitian ini terdapat lima bentuk kesalahan dalam menulis hamzah, yaitu: penulisan hamzah washal ditemukan 9 kesalahan, penulisan hamzah qatha’ ditemukan 9 kesalahan, penulisan hamzah pada tengah kata ditemukan 33 kesalahan, penulisan hamzah pada akhir kata ditemukan 34 kesalahan, dan penulisan hamzah dengan huruf lain ditemukan 28 kesalahan.dan ditemukan tiga jenis sebab-sebab pada penulisan hamzah, yaitu: mubalaghoh fi ta’mim ditemukan 3 kesalahan, al jahlu bil qaidah ditemukan 50 kesalahan, dan at tatbiq an naqis ditemukan 31 kesalahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahreni, Jessica Meiliajescameilia06@gmail.comA01219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Achmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Thesis advisorTaufiqurrohman, Taufiqurrohmantaufiqurrohman@uinsby.ac.id2118078902
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Bahasa Arab; bentuk kesalahan menulis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: jessica meilia syahreni
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:18
Last Modified: 05 May 2023 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61255

Actions (login required)

View Item View Item