Problematika penerapan infografis pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI agama di MAN Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajri, Choirunnisa Aprilia (2023) Problematika penerapan infografis pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI agama di MAN Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Choirunnisa Aprilia Fajri_D01218012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Media belajar merupakan salah satu pendukung kelancaran dalam suatu proses belajar mengajar didalam kelas. Yang bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami dan menerapkan materi yang diberikan oleh guru. Adanya media berbasi teknologi seperti infografis merupakan terobosan baru di era teknologi untuk selalu berinovasi membuat variasi media yang menarik. Namun, tidak semua guru mampu menguasai penggunaan media. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian terhadap permasalahan yang terjadi pada saat penerapan media infografis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban dari: 1) penerapan infografis pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 2) problematika penerapan infografis pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI Agama di MAN Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif dimana hasil penelitian diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi . Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama dan guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan infografis sudah diterapkan di kelas XI Agama pada saat pandemi untuk media pembantu dalam pembelajaran. Problematika dalam penerapan infografis pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI Agama di MAN Bangkalan antara lain: penggunaan media infografis yang terlalu singkat merangkum, penjelasan guru yang kurang maksimal, membutuhkan komputer untuk membuat media infografis serta kurang bervariasinya model-model dari infografis yang dapat menimbulkan kebosanan. Dalam hal ini maka, guru dan pihak sekolah dapat mengadakan pembelajaran terhadap media belajar supaya media yang diterapkan di kelas bisa lebih maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajri, Choirunnisa Apriliachoirunnisaaprilia12@gmail.comD012180121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Mohammadfaizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Sejarah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Penerapan infografis; mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nisa Choirunnisa Aprilia Fajri
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:38
Last Modified: 14 Mar 2023 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61294

Actions (login required)

View Item View Item