Nilai-nilai akhlak dalam film Tarung Sarung karya Archie Hekagery

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Firda Nuril (2022) Nilai-nilai akhlak dalam film Tarung Sarung karya Archie Hekagery. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Nuril Faizah_B01218013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Film merupakan media audio visual yang memiliki fungsi untuk mengedukasi, membentuk pola pikir, dan membangun karakter masyarakat. Film Tarung Sarung yang bergenre aksi ini membawa elemen budaya, akhlak, serta isu yang beredar di masyarakat pada masa ini seperti isu agama dan lingkungan. Rumusan masalah ini fokus pada bagaimana bentuk akhlak yang terdapat dalam Film Tarung Sarung yang ditinjau dari segi makna denotasi, konotasi, mitos dan apa saja nilai-nilai akhlak islami yang terdapat dalam Film Tarung Sarung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teori semiotika Roland Barthes untuk menggali makna semiotik dalam gambar dan dialog untuk memperoleh nilai-nilai akhlak yang terdapat pada film Tarung Sarung. Hasil dari penelitian ini menemukan bentuk akhlak dalam Film Tarung Sarung yang ditinjau dari segi makna denotasi, konotasi, dan mitos adalah akhlak terhadap Allah SWT dengan mengesakan Tuhannya, akhlak terhadap diri sendiri dengan menjaga kehormatan diri, akhlak terhadap sesama manusia dengan saling tolong menolong, akhlak terhadap lingkungan dengan menjaga lingkungan agar kelestarian alam tetap terjaga. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dari sisi yang lain, misalnya dengan menggunakan pendekatan atau analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Firda Nurilfirdanf103@gmail.comB01218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAS, Sunartonarto_as@yahoo.com2026126901
Subjects: Akhlak
Film
Keywords: Nilai akhlak; film; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Firda Nuril Faizah
Date Deposited: 06 Apr 2023 01:30
Last Modified: 06 Apr 2023 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61358

Actions (login required)

View Item View Item