Analisis etika bisnis Islam dalam pemasaran promosi flash sale pada pelaku bisnis online e-commerce lazada

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thoillah, Hanun Hamidah Sahda (2022) Analisis etika bisnis Islam dalam pemasaran promosi flash sale pada pelaku bisnis online e-commerce lazada. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanun Hamidah Sahda Thoillah_G04218022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Memasuki era pasca pandemi pebisnis online masih tetap eksis di dalam mengoperasikan bisnisnya melalui media digital, terutama dalam sebuah e-commerce yang memiliki inovasi baru untuk menarik pembeli, yang berupa flash sale. Namun seiring dengan banyaknya masyarakat yang tertarik dengan belanja online, maka tidak jarang ditemukan pebisnis yang berbuat curang untuk kepentingan diri sendiri. Hal ini menyebabkan kesenjangan ekonomi. Oleh karena itu diperlukanya etika dalam berbisnis secara Islami untuk terhindar dari aktivitas yang merugikan orang lain. Peneliti mengambil fenomena tersebut untuk diteliti lebih lanjut dengan bahasan pemasaran promosi flash sale pada pelaku bisnis online yang akan dianalisis dengan teori etika bisnis Islam. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, untuk memahami fenomena yang terjadi dan mengeksplorasi dari gejala dengan melakukan wawancara dan dokumentasi dari para narasumber terkait. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa untuk menjadikan flash sale berjalan dengan baik diperlukanya marketing mix sebagai pelengkap dalam pemasaran promosi flash sale yang di terapkan oleh narasumber pelaku bisnis online yaitu menunjukan bahwa dalam kegiatan promosi flash sale telah menerapma prinsip-prinsip etika bisnis Islam, baik dari segi e- product dan e-price sebagai pelengkap terjadinya kegiatan e- promotion. Pada variable e-product yaitu tidak menjual barang yang dilarang oleh ajaran Islam, serta tetap memperhatikan kualitas dan takaran produk, untuk variable e-price yaitu tidak mengambil keuntungan yang berlebihan, dan untuk variable e-promotion yaitu tidak memanipulasi diskon, dan tidak melakukan manipulasi deskripsi produk dan gambar yang ditunjukan pada lapak online

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thoillah, Hanun Hamidah Sahdahanunhamidast@gmail.comG04218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id2027067701
Subjects: Islam
Bisnis
Etika
Keywords: Promosi flash sale; etika bisnis Islam; pelaku bisnis online
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hanun Thoillah
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:54
Last Modified: 24 Mar 2023 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61369

Actions (login required)

View Item View Item