Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada SKI MI Tarbiyatush Shibyan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Nur Fajriyatul (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada SKI MI Tarbiyatush Shibyan Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fajriyatul Isnaini_02041020011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan IPTEK mengalami akselerasi secara cepat dalam dunia pendidikan, dengan adanya IPTEK ini menjadikan sebuah tantangan bagi dunia pendidikan. Salah satu tantangan dari perkembangan IPTEK dalam pendidikan adalah pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini memunculkan beberapa permaslahan, diantaranya adalah di tempat penelitian sarana prasarana yang ada cukup memadai, akan tetapi tidak digunakan secara maksimal. Dalam pembelajaran di MI Tarbiyatush Shibyan ini masih monoton, karena kurangnya variasi dalam guru mengajar. Belum terdapat media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk digunakan pada mata pelajaran SKI. Dan juga rendahnya motivasi siswa kelas V terutama SKI, sehingga hasil belajar pada mata pelajaran SKI juga rendah. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspire. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar pada SKI, untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar pada SKI dan untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar pada SKI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi, wawancara dan tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif, analisis validitas, dan analisis efektivitas. Hasil dari penelitian ini; 1) Desain dari media yang dikembangkan mengacu pada kebutuhan siswa, karakteristik materi, dan tersedianya sarana prasarana, 2) Kelayakan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan masuk pada kategori valid dan layak digunakan berdasarkan validasi ahli media, materi dan praktisi pembelajaran, 3) Berdasarkan uji efektivitas yang peneliti laksanakan menggunakan rumus skala likert dan uji t yakni paired sampel t-test untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini dinyatakan bahwa terdapat efektivitas dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis lectora inspare.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Nur Fajriyatulnurfajriyatul18@gmail.com02041020011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Media Sosial
Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran Interaktif; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isnaini Nur Fajriyatul
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:43
Last Modified: 12 Apr 2023 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61576

Actions (login required)

View Item View Item