Etika bisnis islam dalam perkembangan industri halal di Indonesia: studi library research

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Metahul (2022) Etika bisnis islam dalam perkembangan industri halal di Indonesia: studi library research. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Metahul Jannah_G94216113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pentingnya mengembangkan Industri Halal di Indonesia, yang mana hal ini dapat dilakukan dengan mengedepankan etika bisnis islami (ekonomi syariah) sebagai landasan pengembangannya, selain itu dalam Industri halal juga perlu memberlakukan sertifikasi Halal untuk produk-produk yang dihasilkan oleh Indonesia, dimana pelaksanaanya dapat diterapkan secara rutin dan diperpanjang masa berlakunya agar unit bisnis industri halal di Indonesia dapat menjalankan usahanya tanpa khawatir kehalalan produknya dan juga memberikan pelayanan islami dalam mengembangkan Industri Halal di Indonesia. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang : 1) Etika Bisnis Islam dalam Perkembangan Industri Halal di Indonesia; 2) Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Perkembangan Industri Halal di Indonesia; 3) Dampak penerapan Etika Bisnis Islam dalam Perkembangan Industri Halal di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kepustakaan (library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Etika Bisnis Islam dalam Perkembangan Industri Halal di Indonesia adalah etika yang bisnis yang mengedepankan nilai-nilai rahmatan lil ‘alamin, selain itu dengan etika bisnis islami dalam pengembangan industry halal di Indonesia bertujuan mengembangkan ekonomi syariah secara kaafah (totalitas). 2) Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Perkembangan Industri Halal di Indonesia, menjadi sebuah keniscayaan, dimana Implementasi etika bisnis islam dapat dilakukan dengan cara bisnis halal yang bertanggung jawab. Dimana dalam menerakan etika bisnis islami di dalam Perkembangan Industri Halal di Indonesia dilaksanakan melalui beberapa penerapan bisnis sebagaimana dicontohkan oleh rasululloh Saw yakni jujur, adil, Tolong Menolong, Tidak Menumpuk Harta, Barang yang Dijual Harus Halal, Bersaing Secara Sehat, Transaksi Jual Beli Tanpa Paksaan, Pandai Melihat Peluang, Memperlakukan Karyawan dengan Baik, dan Menerapkan Nilai Syariah di Segala Aspek. 3) Dampak penerapan Etika Bisnis Islam dalam Perkembangan Industri Halal di Indonesia dapat meningkatkan jumlah Industri halal yang lebih maju dan memiliki kualitas yang unggul berdasarkan syariat islam. Hal ini terbukti Indonesia memiliki peluang menambah 5,1 miliar dolar AS atau Rp 72,9 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) dari industri halal. Selain itu dampak penerapan Etika Bisnis Islam dalam Perkembangan Industri Halal di Indonesia, hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, MetahulJannahmetahul@gmail.comG94216113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Industri Kecil
Bisnis
Etika
Keywords: Etika bisnis islam; industri halal; ekonomi syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Metahul Jannah
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:21
Last Modified: 12 Apr 2023 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61651

Actions (login required)

View Item View Item