Implementasi program urban agriculture dalam mengembangkan sikap entrepreneurship peserta didik di SMP Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Nurul (2023) Implementasi program urban agriculture dalam mengembangkan sikap entrepreneurship peserta didik di SMP Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hidayah _D03217629.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi Program Urban Agriculture dalam Mengembangkan Sikap Entrepreneurship Peserta Didik di Sekolah Menengan Pertama Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang implementasi program urban agriculture dalam mengembangkan sikap entreprneurship peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Sekolah Alam Insan Mulia, faktor pendukung dan penghambat implementasi program urban agriculture dalam mengembangkan sikap entrepreneurship peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini antara lain kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pengampu program, peserta didik dan wali murid. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dan intrepretasi data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi program urban agriculture dalam mengembangkan sikap entrepreneurship peserta didik di SMP SAIM berjalan dengan melalui 2 tahap yakni dari pembekalan dan praktiknya, setelah melalui proses urban agriculture anak-anak memasarkan pada guru, staff juga pada orang tua. Implementasi dari program ini melibatkan berbagai kalangan baik siswa, guru, tenaga kependidikan, bahkan orang tua murid. (2) Faktor pendukung implementasi program urban agriculture dalam pengembangan sikap entrepreneurship peserta didik antara lain dukungan seluruh warga sekolah dan adanya guru yang berpengalaman dibidang urban agriculture dan entrepneruship. Komunikasi yang baik antara guru dan wali murid dengan siswa sehingga arahan, bimbingan dan motivasi yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik. Tersedianya fasilitas urban agriculture dan workshop entrepreneurship membuat terpenuhinya kebutuhan ilmu serta praktik peserta didik. Dan yang paling utama adanyaa kemauan dan tekad yang kuat dalam diri peserta didik. Sedangkan, Faktor penghambatnya antara lain kurangnya pengelaman dan kemampuan peserta didik dalam mengkoordinasikan tim sehingga terjadi miss komunikasi dalam tim. Serta kondisi lingkungan SAIM yang terlalu rimbun dan teduh menjadikan tanaman hidroponik tumbuh kurang memuaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Nurul13nurulhidayah@gmail.comD03217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pengembangan perkotaan
Pertanian
Keywords: Implementasi program urban agriculture; pengembangan sikap entrepreneurship
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Hidayah
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:24
Last Modified: 17 Apr 2023 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61668

Actions (login required)

View Item View Item