Implementasi etika bisnis Islam dalam pemasaran: studi pada pengembangan Travel Haji dan Umrah PT. Al Jannah Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Layyinah, Layyinah (2022) Implementasi etika bisnis Islam dalam pemasaran: studi pada pengembangan Travel Haji dan Umrah PT. Al Jannah Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Layyinah_G04216041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan harus menerapkan daya saing berdasarkan etika bisnis Islam sebagai arahan untuk enciptakan peluang pasar yang terdiversifikasi yang dapat menguntungkan. Salah satu strategi yang arus diterapkan adalah memiliki pemasaran yang baik dan menerapkan nilai-nilai etika bisnis Islami alam pemasaran yang dijalankan. PT. Al Jannah Sumenep merupakan salah satu pihak travel atau erusahaan biro perjalanan haji dan umrah yang seyogyanya menerapkan nilai-nilai etika bisnis Islam. ujuan penelitian ini adalah untuk mengertahui pemasaran, implementasi etika bisnis Islam, dan ampak enerapan etika bisnis Islam dalam pengembangan travel haji dan umrah PT. Al Jannah Sumenep.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan obdervasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian enunjukkan bahwa; Pertama, Bentuk pemasaran yang digunakan travel haji dan umroh PT. Al Jannah umenep yaitu mendatangi masyarakat secara langsung ke lapangan melalui pengajian, mendatangi instansi pemerintahan maupun swasta, mendatangi ke sekolah-sekolah, melalui media sosial, embuat sebuah gebrakan silahturahmi kepada masyarakat-masyarakat, dan selalu mengutamakan pelayanan, an memberikan kimisi kepada jama’ah yang sudah berangkat dan mampu membawa jama’ah untuk berangkat melalui PT. Al Jannah Sumenep. Kedua, implementasi konsep dasar etika bisnis Islam yaitu konsep keesaan, keseimbangan, kebebasan, tanggung jawab dan kebajikan; indikator sifat-sifat nubuwwah Nabi Muhammad SAW yaitu sifat shiddiq.(benar/jujur), amanah (tanggungjawab, dapat dipercaya, kredibilitas), tabligh komunikasi, keterbukaan, pemasaran), fathonah (kecerdikan, kebijaksanaan, intelektualitas) dalam proses pemasaran yang dilakukan. Ketiga, Dampak penerapan etika bisnis Islam yang dilakukan oleh PT. Al Jannah Sumenep berdampak kepada pemasaran yang ilakukan, pemasaran PT Al Jannah Sumenep berkembang pesat untuk lingkungan sekitarnya sehingga secara tidak lansung jama’ah yang pernah berangkat menggunakan jasa travel haji dan umrah PT. Al Jannah Sumenep menjadi marketing juga yang merekomendasikan PT Al Jannah Sumenep. Penulis menyarankan bahwa hasil dari implementasi penelitian ini belum dapat dijadikan garis finish dari suatu pertumbuhan perusahan. Kemajuannya harus terus dipantau dan ditingkatkan. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk terus meningkatkan usahanya, mempertahankan keunggulannya dan terus memperbaiki kondisi yang sudah ada. Hubungan dan kedekatan dengan pelanggan harus tetap dijaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Layyinah, Layyinahyiyinayin1@gmail.comG04216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com--
Subjects: Haji
Pemasaran
Bisnis
Keywords: Pemasaran; Etika Bisnis Islam; Travel Haji dan Umrah; PT Al Jannah Sumenep
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Layyinah Layyinah
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:36
Last Modified: 17 Apr 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61693

Actions (login required)

View Item View Item