Pengaruh inflasi, nilai tukar, suku Bunga, harga minyak dunia dan harga emas dunia terhadap return saham selama pandemi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2020-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Maya Aminatuz (2022) Pengaruh inflasi, nilai tukar, suku Bunga, harga minyak dunia dan harga emas dunia terhadap return saham selama pandemi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maya Aminatuz Zahroh_G04218034.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu SEM (Structural Equation Model). Data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber sekunder berupa website resmsi seperti bursa efek indonesia, bank indonesia, yahoo finance dan data lain yang memiliki korelasi dengan penelitian ini. Data yang diperoleh selajutnya diolah dengan bantuan sofware SmartPLS 3 dan uji yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian yaitu R-square dan path coefficients. Periode penelitian dilakukan selama 24 bulan atau 2 tahun yakni mulai bulan Januari 2020 sampai dengan dengan Desember 2021. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 perusahaan yang terdaftar di indeks JII periode Agustus 2021- November 2021. Dengan menggunakan metode sampling jenuh diperoleh sample sebanyak 30 perusahaan. Sehingga data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 720. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi dan harga emas berpengaruh positif terhadap Return saham. Sedangkan variabel nilai tukar rupiah, suku bunga dan harga minyak dunia berpengaruh negatif terhadap Return saham. Hasil R-square menunjukkan bahwa variabel Return saham dapat dijelaskan oleh variabel inflasi, nilai tukar, suku bunga, harga minyak dunia dan harga emas dunia sebesar 9,9% sedangkan sisanya yaitu 90,1% dipengaruhi oleh variabel lain yag tidak terdapat dalam model penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Maya Aminatuzmayaaminatuzzahroh0302@gmail.comG04218034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Bursa Saham
Keuangan Islam
Manajemen
Keywords: Return saham; inflasi; nilai tukar; suku bunga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: maya aminatuz zahroh
Date Deposited: 27 Apr 2023 04:27
Last Modified: 27 Apr 2023 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61702

Actions (login required)

View Item View Item