The cooperative principle analysis of Masbos podcast with Zuhair Al-Shun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aji, Septiyo Aryo (2023) The cooperative principle analysis of Masbos podcast with Zuhair Al-Shun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septiyo Aryo Aji_A93218131.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prinsip kerja sama adalah aturan dasar untuk melakukan komunikasi. Dalam penelitian ini, penulis akan menganalisis prinsip kerja sama antara Diaz Hendropriyono dan Zuhair Al-Shun dalam podcast yang berjudul Masbos Podcast dengan judul "Siapapun yang mempermainkan Palestina akan dihancurkan," yang ditayangkan pada tanggal 21 Maret 2021, penulis akan menganalisis dan mengklasifikasikan jenis-jenis dan memberikan alasan pelanggaran prinsip kerja sama berdasarkan gagasan Khosravizadeh dan Sadehvandi (2011). Penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam penelitian ini karena penelitian ini berfokus pada analisis atau persepsi dari materi tertulis dalam konteks. Penulis menggunakan ujaran dari percakapan podcast yang juga dapat dilihat dalam transkrip podcast sebagai sumber data. Dalam menganalisis data, penulis juga mengklasifikasikan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan reduksi data dan analisis transkrip, penulis menemukan 17 percakapan sebagai data yang mengandung maksim-maksim prinsip kerja sama. Dalam data tersebut, Zuhair lebih menonjol dalam menaati maksim dan melanggar maksim. Zuhair lebih banyak melanggar maksim dengan memperpanjang jawaban untuk memberikan pembelaan terhadap negaranya bahwa Palestina sangat harmonis dengan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aji, Septiyo Aryoseptiyoaryoaji@gmail.comA93218131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurjum, Mohammadmkurjum@gmail.com2002096902
Subjects: Komunikasi
Media Sosial
Politik Internasional
Linguistik
Keywords: Prinsip kooperatif; pelanggaran maksim; podcast
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Septiyo Aryo Aji
Date Deposited: 27 Apr 2023 03:32
Last Modified: 27 Apr 2023 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61703

Actions (login required)

View Item View Item