Peningkatan minat membaca peserta didik melalui media buku cerita bergambar di kelas III A MIN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasmin, Amirah (2023) Peningkatan minat membaca peserta didik melalui media buku cerita bergambar di kelas III A MIN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amirah Yasmin_D97219063 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena tingkat minat membaca peserta didik terkait mata pelajaran SKI materi masa dewasa Nabi Muhammad SAW masih tergolong rendah. Faktor yang menyebabkan minat membaca peserta didik rendah yaitu penerapan media pembelajaran membaca peserta didik yang digunakan oleh guru kurang menarik perhatian peserta didik. Buktinya, dari 26 peserta didik, hanya ada sekitar 30% peserta didik yang suka membaca buku dan 70% menunjukkan ketidaktertarikannya saat membaca buku. Oleh sebab itu, upaya penelitian ini dalam meningkatkan minat membaca peserta didik adalah melalui penggunaan media buku cerita bergambar. Tujuan dalam penelitian ini: 1) Untuk mengetahui penerapan media buku cerita bergambar dalam meningkatkan minat membaca peserta didik di kelas III A MIN 2 Sidoarjo, dan 2) Untuk mengetahui peningkatan minat membaca peserta didik setelah menggunakan media buku cerita bergambar di kelas III A MIN 2 Sidoarjo. Metode penelitian tindakan kelas ini dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus tindakan dan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas III A MIN 2 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara guru dan peserta didik, observasi minat membaca peserta didik, observasi penerapan media buku cerita bergambar, observasi kinerja guru, angket minat membaca peserta didik, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan media buku cerita bergambar dalam meningkatkan minat membaca peserta didik dapat diketahui dari tindakan guru yang memberikan sesi tanya jawab dan bertukar buku cerita sehingga peserta didik berupaya memahami bacaan, lebih aktif lagi mencari informasi di buku cerita bergambar, serta lebih semangat membaca, dibuktikan dari hasil observasi minat membaca peserta didik di siklus I persentasenya 82% (Tinggi) menjadi 85% (Tinggi) di siklus II. Hasil observasi penerapan media buku cerita bergambar dengan enam judul buku di siklus I dan II persentasenya 93% (Sangat Tinggi) dan dinyatakan hasilnya konsisten. Untuk hasil observasi kinerja guru, setelah guru lebih bergerak dinamis, ekspresif, dan memberikan pertanyaan bentuk TTS setelah membaca buku cerita bergambar, perhatian peserta didik pada buku tersebut meningkat, dibuktikan di siklus I persentasenya 82% (Tinggi) menjadi 89% (Sangat Tinggi) di siklus II. Peningkatan minat membaca peserta didik setelah menggunakan media buku cerita bergambar mencapai kriteria tinggi di siklus I, dibuktikan dengan persentase 77% dan mencapai kriteria sangat tinggi di siklus II dengan persentase 85%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasmin, Amirahyasminamira01@gmail.comD97219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@gmail.com2008088301
Subjects: Anak
Buku > Buku dan Baca
Cerita Nabi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Peningkatan Minat Membaca; Peserta Didik; Media Buku Cerita Bergambar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amirah Yasmin
Date Deposited: 28 Apr 2023 01:18
Last Modified: 28 Apr 2023 01:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61739

Actions (login required)

View Item View Item