فعالية تطبيق التدريب العملي بأداة YouCut-EVM لترقية مهارة الاستماع والكلام لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfana, Zulfana (2023) فعالية تطبيق التدريب العملي بأداة YouCut-EVM لترقية مهارة الاستماع والكلام لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfana_D92219088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peneliti menemukan beberapa permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya, khususnya dalam keterampilan menyimak dan berbicara. Hal tersebut disebabkan karena perbedaan latar belakang siswa, ketakutan dalam berbicara bahasa Arab dan kurang menyukai pelajaran bahasa Arab. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan praktikum pembelajaran menggunakan aplikasi YouCut-EVM untuk memudahkan siswa dalam menyimak kalima-kalimat bahasa Arab dan berani berbicara menggunakan bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya, 2) untuk mengetahui penerapan praktikum pembelajaran menggunakan aplikasi YouCut-EVM untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya, 3) untuk mengetahui efektivitas penerapan praktikum pembelajaran menggunakan aplikasi YouCut-EVM untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sampel peneliti berjumlah 34 siswa kelas X-6 di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Hasil dari penelitian ini adalah Penerapan Praktikum Pembelajaran menggunakan aplikasi YouCut-EVM efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. Nilai T tabel berdasarkan uji t pada keterampilan menyimak = 5,28. Adapun nilai T tabel pada keterampilan berbicara = 15,57. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfana, Zulfanazulfanalafaza@gmail.comD92219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Mohammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Praktikum pembelajarn; YouCut-EVM; keterampilan menyimak dan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zulfana Lafaza
Date Deposited: 27 Apr 2023 04:34
Last Modified: 27 Apr 2023 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61743

Actions (login required)

View Item View Item