Eksistensi komunitas "mangan.sda" pada kaum marginal di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Emma Rahmatul (2023) Eksistensi komunitas "mangan.sda" pada kaum marginal di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Amppel Surabaya.

[img] Text
Emma Rahmatul Fitriana_I73219045.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berawal dari kotemplasi yang tak berkesudahan, punya peran apa individu di dunia ini. Kawasan heterogen menjadi ladang permasalahan kemiskinan yang kompleks. Angka pengangguran, kepadatan penduduk yang berakibat adanya kaum terisolir atau bisa disebut dengan kaum marginal. Dari isu tersebut yang kemudian menjadi penggerak terciptanya komunitas mangan.sda, yakni sebagai komunitas yang menjalankan aksinya dengan berbagi makanan, sandang, dan masih banyak yang lainnya. Komunitas yang dibentuk oleh seorang pemuda tersebut berhasil melakukan aksinya yakni menjadi relawan pangan bagi kaum marginal di Kabupaten Sidoarjo secara konsisten dalam kurun waktu 4 tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dengan teknik pengumpukan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis fenomena yang terjadi peneliti menggunakan teori sosilogi klasik yakni teori solidaritas Emile Durkheim. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1). Aksi atau upaya yang dilakukan komunitas mangan.sda pada kaum marginal di Kabupaten Sidoarjo, yang ditunjukkan dengan beberapa aksi yakni open donasi, garage sale, kolaboraski, BBM (bagi-bagi makan), mangan sambang, mangan peduli dan mobil kebaikan. Selain itu memanfaatkan media sosial instagram sebagai upaya branding komunitas di era modern ini 2). Peran komunitas mangan.sda pada kaum marginal di Kabupaten Sidoarjo yang berupa partisipatif, fasilitatif dan edukatif dapat berpengaruh dalam meningkatkan kesejahteraan kaum marginal dalam beberapa aspeknya yakni, secara emosional, ekonomi, intelektual dan sosial. Keempat aspek tersebut menjadi suatu keberhasilan bagi komunitas mangan.sda dalam membantu kesejahteran kaum marginal di Kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Emma Rahmatulemmarahmafitriana@gmail.comI73219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Kemiskinan
Media Sosial
Anak Jalanan
Keywords: Eksistensi; komunitas mangan.sda; kaum marginal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Emma Rahmatul Fitriana
Date Deposited: 09 May 2023 02:02
Last Modified: 09 May 2023 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61789

Actions (login required)

View Item View Item