المشكلات في تعليم اللغة العربية وحلولها أثناء جائحة كوفيد – 19 لدى معلم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الحكومية الأولى لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Alimatus (2023) المشكلات في تعليم اللغة العربية وحلولها أثناء جائحة كوفيد – 19 لدى معلم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الحكومية الأولى لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alimatus Sholikhah_D92217017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sejak adanya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 menyebabkan banyak perubahan bagi dunia. Seluruh negara mendapatkan dampak yang buruk dari Covid-19, banyak yang kehilangan anggota keluarganya juga kehilangan pekerjaannya. Selain sektor ekonomi yang mendapatkan dampak yang besar dari Covid-19, sektor pendidikan juga mendapatkan dampaknya. Sejak adanya Covid-19 ini, pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan) di rumah masing-masing. Pembelajaran daring ini tentu menimbulkan banyak problematika bagi guru karena pertama kalinya dilakukan, sebelumnya pembelajaran selalu dilakukan di sekolah. Penelitian ini membahas tentang problematika pembelajaran bahasa Arab dan solusinya selama pandemi Covid-19 bagi guru bahasa Arab di SMAN 1 Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab selama pandemi Covid-19 bagi guru bahasa Arab di SMAN 1 Lamongan; (2) untuk mengetahui solusi problematika pembelajaran bahasa Arab selama pandemi Covid-19 bagi guru bahasa Arab di SMAN 1 Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan tiga metode pengumpulan data, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 6 problematika yaitu (1) Jaringan internet bermasalah; (2) Keterbatasan kuota; (3) Penyampaian materi belum bisa sepenuhnya; (4) Keterbatasan waktu pembelajaran; (5) Terbatasnya komunikasi anatar guru dan siswa; (6) Penilaian terhadap siswa. Adanya 6 problematika pembelajaran bagi guru bahasa arab ini disertai solusi yang bukan hanya dilakukan oleh guru bahasa arab tapi juga sekolah, siswa dan orang tua ikut berkontribusi demi tercapainya tujuan dari pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Alimatusalimatussholikhah0@gmail.comD92217017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Syafi'isyafii@uinsby.ac.id2020117003
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran bahasa Arab; covid-19; guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Alimatus Sholikhah
Date Deposited: 02 May 2023 04:51
Last Modified: 02 May 2023 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61805

Actions (login required)

View Item View Item